Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Ad Code

 border=

Delmeria dan Kakanwil Kemenag Sumut Resmikan Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Barus dan Manduamas

Disaksikan Kakanwil Kemenag Sumut Drs. H. Abd Amri Siregar, M.Ag dan Kakan Kemenag Tapteng H.Julsukri Mangandar Limbong, MA, anggota Komisi VIII DPR RI Hj Delmeria Sikumbang menandatangani prasasti peresmian Gedung Balai Nikah dan Manasik  Haji Kantor Urusan Agama Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah

Barus, Tapteng - Setelah menunggu puluhan tahun, Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara,  akhirnya memiliki gedung Kantor Urusan Agama (KUA) yang permanen dan refresentatif. Gedung Kantor KUA Kecamatan Barus yang berlokasi di Kampung Merdeka, Kecamatan Barus tersebut diresmikan hari ini, Selasa (18/10/2022) oleh Anggota Komisi VIII DPR RI Hj. Delmeria Sikumbang dan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementeriam Agama Provinsi Sumatera Utara, Drs.H. Abd. Amri Siregar, M.ag

Peresmian gedung KUA Kecamatan Barus yang akan dimanfaatkan sebagai Balai Nikah dan Manasik Haji tersebut diresmikan dengan ditandai penandatanganan prasasti oleh Hj Delmeria (Komisi VIII DPR RI) dan H.Abd.Amri Siregar selaku Kakanwil Kemenagsu.

Selain kantor KUA Barus, di hari yang sama juga dilakukan penandatanganan prasasti peresmian Gedung Kantor Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Kecamatan Manduamas, Kabupaten Tapanuli Tengah.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kab.Tapteng, H. Julsukri Mangandar Limbong, MA mengapresiasi dan berterimakasih atas dedikasi yang sangat besar dari anggota komisi VIII DPR RI, Hj. Delmeria Sikumbang. Julsukri bercerita bahwa atas perjuangan Hj Delmeria, Barus kini memiliki gedung kantor KUA yang permanent dan bagus.

Bukan hanya Barus, untuk tahun anggaran 2022, Kemenag Tapteng mendapatkan kucuran dana pemerintah pusat melalui program anggaran SBSN yaitu Surat Berharga Syariah Negara sebanyak 2 program revitalisasi gedung kantor KUA di Barus dan Manduamas. Dan untuk tahun 2023, Kemenag Tapteng pun telah dialokasikan anggaran SBSN untuk revitalisasi dua unit kantor yang sama di kecamatan yang berbeda dan 1 untuk revitalisasi asrama haji Tapteng.

Hj Delmeria Sikumbang saat menyerahkan bansos secara simbolis disela peresmian gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Kantor KUA Kecamatan Barus

"Semua ini, Bapak dan Ibu (bisa tercapai) berkat perjuangan dari Ibu Hj.Delmeria Sikumbang selaku wakil rakyat kita di DPR RI. Tanpa perjuangan beliau, gedung yang saat ini kita hadiri peresmiannya belum tentu ada," ungkap Julsukri.

Kepedulian dan perhatian yang besar dari Hj.Delmeria terhadap Sibolga dan Tapteng layak diacungi jempol. Pasalnya hampir tiap bulan mantan ketua TP PKK Sibolga tersebut berkunjung ke dapilnya untuk membawa buah pembangunan di kampung halaman

"Kami doakan Ibu tetap sehat wal afiat dan terus semangat berjuang untuk masyarakat Sibolga Tapteng," ungkap Julsukri yang disambut tepuk tangan bentuk apresiasi undangan yang berhadir

Senada dengan Julsukri Limbong, Kakanwil Kemenag Sumut, H.Abd. Amri Siregar juga menyampaikan hal yang sama. Amri menjelaskan peran besar legislatif dalam menggolkan seluruh rencana pembangunan di daerah sangat besar khususnya yang sumber pendanaannya dari pemerintah pusat.

Sumut bersyukur memiliki seoarang srikandi bernama Hj. Delmeria yang sejak terpilih hingga hari ini tetap concern berjuang di pusat untuk pembangunan di dapilnya. 

Komisi VIII sebagai mitra Kementerian Agama selama ini terus bersinergi sehingga tujuh program prioritas Kemenag RI dimana salah satunya adalah revitalisasi Kantor Urusan Agama terus berjalan dan senantiasa mendapat support dan dukungan Hj. Delmeria Sikumbang dari Komisi VIII DPR RI

Bersama Kakanwil Kemenagsu dan Kakankemenag Tapteng, Hj Delmeria Sikumbang menggunting pita sebagai tanda gedung Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Barus telah dapat dipergunakan

"Terimakasih ibu atas dukungannya selama ini. Semoga Ibu tetap semangat berjuang untuk umat," katanya.

Sinergitas yang telah berjalan dengan baik selama ini telah membawa dampak positif bagi peningkatan pelayanan kepada masyarakat khususnya melalui kementerian agama. Abd. Amri pun meminta fasilitas yang telah dibangun oleh pemerintah harus memberi dampak terhadap peningkatan pelayanan.

"Hadirnya gedung Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Barus ini adalah sebuah ikhtiar memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh umat beragama. Oleh karena itu harus dikelola dengan baik. Dan berikan pelayanan terbaik pula," kata Abd.Amri Siregar dalam sambutannya.

 Orang nomor satu di Kemenag Sumut ini menguraikan, jumlah KUA se-Indonesia berjumlah ratusan ribu unit, dan di Sumut jumlahnya ribuan kantor. namun yang sudah tersentuh program revitalisasi baru sekitar 25 unit bangunan saja. 2 dari 25 kantor KUA tersebut ada di Tapanuli Tengah.

"Jadi, yang ingin saya sampaikan adalah bahwa tugas kita masih banyak. Terlalu dini untuk berpuas diri. Oleh karena itu, kami tetap berharap dukungan Ibu Hj. Delmeria di pusat agar tugas ini semakin ringan," pungkas Abd.Amri Siregar mengakhiri sambutannya.

Sementara itu, anggota Komisi VIII DPR RI Hj.Delmeria Sikumbang mengapresias kementerian agama Sumatera Utara atas dukungan pengoptimalan kerja-kerja Komisi VIII DPR RI selama ini. Tanpa bermaksud menafikan segala bentuk apresiasi terhadap dirinya selaku anggota legislatif, Delmeria mengaku bahwa dirinya bukanlah sosok.hebat yang memiliki pengaruh besar. 

Kakanwil Kemanagsu dan anggota Komisi VIII DPR RI Hj Delmeria meninjau dan mencoba fasilitas balai nikah KUA Barus sesaat setelah peresmiannya

Istri walikota Sibolga M.Syarfi Hutauruk ini menegaskan bahwa dirinya bukanlah siapa-siapa tanpa dukungan masyarakat di dapil Sumut 2 termasuk dukungan masyarakat Kecamatan Barus.

"Saya ini bisa berdiri disini bukan karena Delmeria tetapi karena bapak/ibu semua memilih saya dan mempercayakan Delmeria menjadi anggota DPR. Oleh karena itu yang hebat itu bukan saya tapi bapak ibu sekalian," ungkap Delmeria.

Ia pun meminta untuk terus didoakan agar dianugerahi kemampuan berkomunikasi yang baik dengan semua pihak sehingga aspirasi-aspirasi yang ia terima.bisa ia perjuangkan.

"Terimakasih tadi telah didoakan dan semoga doa itu tidak berhenti agar perjuangan kita bersama tetap berlanjut," pinta Delmeria yang disambut dengan ucapan amin undangan.

Anggota DPR RI dari Fraksi NasDem ini pun menegaskan dirinya akan tetap pada komitmen pribadinya bahwa ia akan terus berada di garda terdepan dalam memperjuangkan hak-hak warga yang kurang mampu. Memperjuangkan madrasah-madrasah yang butuh perhatian pemerintah pusat dan memperjuangkan apa yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat khususnya di Sibolga dan Tapanuli Tengah.

"Apa pun halangannya dan siapa pun yang berusaha mempersulit. Selama itu untuk kepentingan wargaasyarakat miskin dan tidak mampu maka saya akan maju dan terus lakukan perjuangan ini," tegasnya.

Selain meresmikan pemakaian Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Kantor Urusan Agama Kecamatan Barus dan Manduamas, Hj. Delmeria Sikumbang dan Kakanwil Kemenagsu H.Abd.Amri Siregar aecara simbolis menyerahkan bantuan paket sembako dan uang tunai kepada.50 KK yang kurang mampu. Bansos tersebut bersumber dari Infaq, shadaqah dan zakat PNS Kementerian Agama Tapteng tahun 2022.

Pasca peresmian rombonga langsung meninjau fasilitas gedung KUA Barus. Gedung permanen ini dilengkapi sebuah ruangan berukuran sedang yang berfungsi sebagai ruang balai nikah masyarakat yang melangsungkan pernikahan di Kantor KUA. Pada gedung ini telah didiakan pelaminan dan sejumlah kursi untuk keluarga mempelai dan tamu undangan. Terdapat juga beberapa ruangan yang terdiri dari ruang arsip, ruang kerja dan lobi kantor sebagai ruang awal pelayanan warga masyarakat.

Foto bersama Kakanwil Kemenagsu, Kakankemenag Tapteng dan anggota Komisi VIII DPR RI Hj Delmeria Sikumbang bersama unsur pimpinan kecamatan Barus di depan gedung Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Kecamatan Barus, Tapteng


Posting Komentar

0 Komentar