Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

RKPD Kota Gunungsitoli Tahun 2023 Dibahas Dalam Forum Konsultasi Publik

Gunungsitoli | Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Gunungsitoli Tahun 2023 dibahas melalui Forum Konsultasi Publik yang dilaksanakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Daerah Kota Gunungsitoli bertempat di Ruang Rapat Lantai II Kantor Walikota Gunungsitoli, Kamis (27/01/2022). 

Dalam sambutannya, Wali Kota Gunungsitoli Lakhmizaro Zebua menyampaikan bahwa forum diskusi yang dilaksanakan merupakan tahapan awal dalam penyusunan rencana kerja tahunan Pemerintah Daerah yang memuat tema pembangunan, sasaran dan prioritas daerah serta penjabaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Gunungsitoli Tahun 2021-2026.

“Secara umum rancangan awal RKPD Tahun 2023 menggambarkan penjabaran Visi dan Misi daerah yaitu Kota Gunungsitoli Berdaya Saing, Nyaman dan Sejahtera yang selanjutnya dikembangkan melalui perumusan arah kebijakan pembangunan daerah disertai dengan beberapa fokus pembangunan yang akan dicapai sebagaimana termuat dalam RPJMD Kota Gunungsitoli periode 2021-2026,”ucapnya.

Selanjutnya, Wali Kota Gunungsitoli menyampaikan bahwa arah kebijakan pembangunan tahun 2023 sebagaimana disesuaikan dalam RPJMD adalah percepatan penguatan daya saing daerah melalui peningkatan ekonomi dan infrastruktur wilayah serta kapabilitas tata kelola pemerintahan berbasis digital dengan dukungan aspek pembangunan strategis lainnya dengan prioritas pembangunan pada tahun 2023 diarahkan pada, peningkatan kualitas infrastruktur dan prasarana wilayah yang berwawasan lingkungan, peningkatan aktivitas sektor perdagangan dan jasa, pertanian dan perikanan, peningkatan akses dan kualitas pendidikan dan kesehatan serta peningkatan kerukunan kehidupan sosial masyarakat, serta peningkatan kualitas tata kelola Pemerintahan dan pelayanan publik.

“Berdasarkan arah kebijakan pembangunan di atas, maka tema pembangunan Kota Gunungsitoli Tahun 2023 yang telah dirumuskan adalah Penguatan infrastruktur wilayah dan ekonomi untuk peningkatan daya saing daerah. Oleh karena itu melalui forum ini saya berharap agar penyusunan rancangan awal Rencana Kerja Perangkat Daerah untuk Tahun 2023 diselaraskan dengan arah kebijakan dan tema pembangunan Kota Gunungsitoli Tahun 2023, prioritas pembangunan yang telah ditetapkan, serta permasalahan pembangunan saat ini,”ucapnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Wali Kota Gunungsitoli menyampaikan kendala yang ditemui dalam penetapan prioritas progam pembangunan adalah tingkat kesenjangan antara anggaran yang tersedia dengan kebutuhan pembangunan, hal tersebut sebagai akibat pandemi Covid-19 yang telah memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap kemampuan keuangan daerah. Namun Pemerintah telah melakukan optimalisasi pada sumber-sumber pendapatan asli daerah untuk percepatan pemulihan pembangunan pasca pandemi  Covid-19.

Adapun yang menjadi narasumber pada acara tersebut adalah Plt. Kepala Bappelitbang Karya  Bate'e, SSTP, MAP., dengan moderator Asisten Bidang  Perekonomian dan Pembangunan Deslawati Zega, SH., M.Si dengan peserta adalah seluruh Kepala Perangkat Daerah, Perwakilan Ormas/OKP dan Tokoh Masyarakat. (Berdin)

Posting Komentar

0 Komentar