Tinjau Usaha Budidaya Lele Binaannya, H.M. Syarfi Hutauruk Berharap PokYan Selayar Taluk Roban jadi Role Model Wirausaha Perikanan di Tapteng

SW25
0
H.M. Syarfi.Hutauruk (tengah) berdialog dengan kelompok nelayan Selayar Taluk Roban Sorkam yang ia bina menjalankan usaha budidaya lele

SORKAM - Kelompok usaha budidaya Lele asal Sorkam, Kab. Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, mengungkapkan rasa terimakasihnya atas bantuan modal usaha yang diberikan H.M. Syarfi Hutauruk dan Hj.Delmeria Sikumbang kepada Kelompok Nelayan Selayar, hingga usaha tersebut saat ini telah menunjukkan perkembangan yang berarti.

Demikian disampaikan Ketua Kelompok Nelayan Selayar, Muhammad Soleh, di Sorkam saat mendampingi H.M. Syarfi Hutauruk meninjau kolam lele miliknya di Teluk Roban, Kecamatan Sorkam, Kab. Tapanuli Tengah, pada Jum'at (8/12/2023).

Muhammad Soleh mengatakan, pada Oktober 2023, kelompok nelayan yang ia kelola menerima kucuran modal usaha dari H.M.Syarfi Hutauruk dan dikonversi menjadi usaha budidaya lele.

Modal usaha tersebut dimanfaatkan pihaknya secara optimal dengan membuat 12 kolam ikan dan membeli bibit sebanyak 5000 ekor per-kolamnya.

"Dan alhamdulillah, sejak mulai usaha ini bulan lalu, saat ini usia bibit lele kami sudah memasuki minggu keempat, dan sehat. Mudah-mudahan bisa panen pada Januari tahun depan," kata Muhammad Soleh.

Ia juga mengatakan, melihat perkembangan budidaya lele yang mereka jalankan, terbuka peluang untuk memperbesar usaha tersebut dengan membangun beberapa kolam lagi.

"Saat inikan jumlah kolamnya 12 buah, Bang. Insya Allah, akan kita tambah lagi menjadi 20 kolam, karena potensi yang kita lihat dan rasakan cukup besar," aku Muhammad Soleh.

H.M.Syarfi Hutauruk memberi pakan ikan lele ke salah satu kolam ikan lele milik PokYan Selayar Taluk Roban, Sorkam

Masih kata Muhammad Soleh, budidaya lele yang mereka kelola sepenuhnya dibina oleh mantan Walikota Sibolga, H.M. Syarfi Hutauruk. Bahkan, Syarfi dinilai memiliki kepedulian besar sehingga anak-anak muda di kampung tersebut bisa berdaya usaha.

"Alhamdulillah, kelompok nelayan Selayar ini salut dan bangga punya pembina yang peduli seperti Pak Syarfi. Lewat kepedulian beliau, kami yang selama ini mocok-mocok (tidak tentu pekerjaan) kata orang kampung, kini sudah bisa berwirausaha," ujarnya.

Dikatakan pula, sejak memiliki usaha budidaya lele, anak-anak muda yang menjalankan usaha tersebut kini lebih banyak beraktivitas positif dan tidak lagi terlihat nongkrong tidak jelas apa lagi terlibat narkoba.

"Usaha ini membawa perubahan besar bagi kami. Kini kami bisa lebih produktif, dan insya Allah segera berpenghasilan," jelasnya.

Muhammad Soleh juga mengaku cara Syarfi peduli dengan anak muda adalah cara yang efektif. Pasalnya, anak-anak muda bukan sebatas di motivasi dan diberi modal tetapi juga diberi pendampingan dan bimbingan.

"Jadi beliau memberi kami pancing bukan ikan," terangnya.

"Terimakasih banyak buat Bapak Syarfi dan ibu Delmeria, semoga bantuan dan kepedulian seperti ini terus dilanjutkan karena membawa perubahan positif bagi warga," ucapnya.

Ditanya apa harapan terbesar mereka terhadap H.M. Syarfi Hutauruk, Muhammad Soleh menjelaskan bahwa dalam mengembangkan usahanya mereka membutuhkan ilmu dan pengetahuan yang cukup terkait budidaya lele. Maka, dibutuhkan pendidikan dan pelatihan dari profesional untuk meningkatkan SDM mereka.

"Yang sangat kami butuhkan saat ini, maunya adalah pelatihannya. Khususnya tentang budidaya lele ini. Biar kami mendapatkan pemahaman yang benar. Biar semakin profesional menjalankan usahanya, gitu, Bang," harapnya.

Sementara itu, H.M. Syarfi Hutauruk mengaku bangga dengan tanggungjawab dan dedikasi anak-anak muda yang berhimpun dalam Kelompok Nelayan Selayar Taluk Roban.

Syarfi berharap usaha budidaya yang dijalankan Muhammad Soleh dan kawan-kawan bisa berhasil dan dapat menyerap tenaga kerja baru.

"Saya sengaja datang kesini untuk melihat progres yang sudah mereka kerjakan. Dan alhamdulillah, progresnya bagus, lelenya juga sehat dan tumbuh dengan baik. Ini tentu menjadi awal yang baik dan harus dipertahankan iklim usaha seperti ini, " kata Syarfi.

Tokoh nasional yang saat ini diusung Partai Demokrat sebagai anggota DPR RI dari dapil Sumut 2 ini berharap agar usaha budidaya lele Taluk Roban bisa menjadi role model bagi desa dan kecamatan lain. Sehingga potensi usaha budidaya lele tersebut dapat berkembang di Tapanuli Tengah.

"Saya sampaikan kepada merek, mereka harus bisa berhasil agar menjadi contoh buat yang lain. Kalau ini berhasil tentu akan kita bantu dan ciptakan usaha-usaha yang sama di desa atau kecamatan lain di Tapteng. Sehingga warganya bisa produktif, lapangan pekerjaan terbuka, mereka berpenghasilan, tidak lagi nganggur dan otomatis angka kriminalitas pun akan turun," pungkasnya. (SW25)
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)