Ketua YKI Sumut Road Show Cegah Kanker Di Kota Gunungsitoli

Redaksi
0

Gunungsitoli | Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Hj. Nawal Edy Rahmayadi melakukan kunjungan ke Kota Gunungsitoli untuk melaksanakan Road Show Cegah Kanker di Sumatera Utara. Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Wakil Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli dan Wakil Ketua YKI Cabang Gunungsitoli Ny. Venny Sowa’a Laoli berserta jajaran, bertempat di Ruang Rapat Lantai II, Kantor Wali Kota Gunungsitoli, Selasa, (20/06/2023).

Wakil Wali Kota dalam arahannya menyampaikan tantangan terbesar Kota Gunungsitoli bahkan di kepulauan Nias dalam penanganan kanker di Kota Gunungsitoli adalah pemahaman masyarakat akan penyebab terjadinya kanker terlebih-lebih yang disebabkan oleh makanan dan minuman yang tidak sehat, kesadaran  dalam mengenali dan memeriksa diri secara dini dalam upaya pencegahan timbulnya penyakit kanker dan masyarakat malu dalam memeriksakan diri dan lebih percaya kepada pengobatan alternatif, begitu juga sosial ekonomi masyarakat yang terbatas dalam mendapatkan penanganan kanker dan termasuk akses pelayanan dalam mendapatkan pengobatan kanker di luar daerah.

Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Dinas Kesehatan dan Yayasan Kanker Cabang Gunungsitoli senantiasa menjalin hubungan kerja sama untuk menurunkan angka kematian dan angka kesakitan akibat kanker melalui deteksi dini kanker payudara, kanker serviks melalui penyuluhan dan kampanye peringatan hari kanker sedunia, penjaminan ke pesertaan BPJS Kesehatan bagi penderita kanker dan penjaringan dan pendampingan kasus kanker. 

“Kami berharap melalui pemerintah Provsu, kiranya memberikan dukungan fasilitas alat-alat kesehatan tentang pemeriksaan kanker yang ada di Kepulauan Nias, khususnya di Kota Gunungsitoli. Saya yakin alat medis rumah sakit bahkan puskesmas-puskesmas di Kota Gunungsitoli masih belum lengkap, bilamana ada dukungan dari pemerintah Provsu dalam pemeriksaan dini tentang kanker, kami sangat bersyukur dan kami sangat mengharapkan melalui road show cegah kanker dapat memberikan solusi dalam upaya penanganan kanker yang lebih optimal,” ucap Wawako

Sementara itu, Ketua YKI Provsu Hj. Nawal Edy Rahmayadi saat menerangkan edukasi tentang kanker, menyampaikan untuk tetap memeriksakan diri dan berobat jika ada gejala-gejala kanker. Selain itu, kanker juga bisa dicegah sejak dini, dengan menerapkan pola hidup sehat dan CERDIK (Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin beraktivitas fisik, Diet yang sehat dan seimbang, Istirahat yang cukup dan Kelola stres). 

“Jangan malu untuk periksa kanker ke dokter, kami akan bantu hingga pembuatan BPJS juga kita akan bantu nantinya. YKI Provsu juga menyediakan rumah singgah yang dapat digunakan untuk menginap secara gratis jika nanti mau berobat ke Medan. Letaknya di belakang RS. Adam Malik,” ucap Nawal. 

Ditempat yang sama, Wakil Ketua YKI Cabang Gunungsitoli Ny. Venny Sowa’a Laoli  dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa YKI Cabang Kota Gunungsitoli dalam perjalanannya kurang lebih 5 tahun telah melaksanakan berbagai kegiatan pelayanan kepada masyarakat di bidang Promotif, Preventif dan Supportif kepada pasien kanker yang terkhusus di wilayah Kota Gunungsitoli. Berbagai kegiatan telah dilaksanakan dalam bentuk sosialisasi, penyuluhan dan edukasi kepada masyarakat, lembaga/ organisasi/sekolah bahkan perguruan tinggi. Kemudian melaksanakan kunjungan, pemberian suplemen dan bantuan bahkan melaksanakan pendampingan kepada pasien kanker untuk pengobatan dan perawatan dengan bersama-sama mitra YKI Cabang Kota Gunungsitoli.

“Besar harapan kita bersama dengan kehadiran YKI Provinsi Sumatera Utara ditengah-tengah kita saat ini, dapat lebih banyak membantu dan memberikan informasi terkait dengan alur dan upaya dalam pendampingan pasien kanker yang di rujuk sehingga banyak pasien yang dapat terbantu sedini mungkin. Lebih baik mencegah daripada mengobati, Stop Kanker,” ucap Venny mengakhiri sambutannya.

Agenda dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Ny. Nawal Edy Rahmayadi tentang kondisi kanker di Sumut dan Dr. Siti Zahara Nasution, S.Kp.,MNS tentang cegah kanker dengan CERDIK dan diakhiri dengan penyerahan cenderamata kepada Ketua YKI Kota Gunungsitoli, Kadis Kesehatan Gunungsitoli, Ketua YKI Kabupaten Nias Selatan dan Kadis Kesehatan Kabupaten Nias Selatan oleh Ketua YKI Provinsi Sumatera Utara.

Turut hadir Wakil Ketua DPRD Kota Gunungsitoli Imanuel Ziliwu, SE, Ketua Dharmawanita beserta pengurus, Pengurus YKI Cabang Kota Gunungsitoli dan hadirin lainnya. (Berdin)
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)