Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Resmikan Asrama Putri Ponpes Al-Mukhlisin Lumut, Delmeria Apresiasi Pengelola Ponpes Amanah Kelola Bantuan

Ratusan santri Ponpes AlMukhlisin Lumut, Tapteng menyambut kunjungan anggota Komisi VIII DPR RI Hj Delmeria Sikumbang dan mantan Walikota Sibolga M.Syarfi Hutauruk

Lumut, Tapteng - Anggota Komisi VIII DPR RI, Hj. Delmeria Sikumbang mengaku bangga atas tingginya tanggungjawab penerima program Bantuan Asrama Pesantren (BAS), Kementerian Agama RI di Kabupaten Tapanuli Tengah, khususnya yang dikelola oleh pesantren Al Mukhlisin Lumut.

Hal itu diungkapkan oleh Delmeria pasca melakukan kunjungan kerja ke Pondok Pesantren Al Mukhlisin Lumut, Kampung Mandailing, Kecamatan Lumut, Kabupaten Tapanuli Tengah, pada Sabtu (19/3/2023).

Delmeria hadir bersama mantan Walikota Sibolga H.M.Syarfi Hutauruk tersebut disambut oleh ratusan santriwan dan santriwati dengan lantunan sholawat serta langsung meninjau bangunan asrama putri ponpes yang diawali dengan pengguntingan pita oleh Delmeria.

Delmeria mengatakan, asrama putri dengan kapasitas 40 santriwati tersebut mulai dibangun pada tahun 2022 lalu. Asrama tersebut kini siap digunakan dan diharapkan akan memberi rasa aman dan nyaman bagi santriwati dalam menuntut ilmu di ponpes yang memiliki 700-an siswa tersebut.

Masih kata Delmeria. Meskipun bantuan yang dikucurkan untuk membangun asrama tersebut tidak begitu besar, namun ia bangga karena pengelola pesantren dapat memaksimalkan peruntukannya dengan baik.

"Tadi saya tinjau langsung ruangannya, alhamdulillah bisa menampung 40 santriwati. Ada juga fasilitas dapur umumnya. Jadi nanti, anak-anak kita yang nyantri di sini, bisa nyaman belajar," ungkap Delmeria.

Mantan ketua DPD Partai NasDem Kota Sibolga ini pun berterimakasih kepada pengelola ponpes Al Mukhlisin Lumut, yang dengan penuh tanggungjawab menggunakan anggaran pembangunan asrama tersebut dengan baik dan benar. Tanggungjawab itu menurutnya berimplikasi kepada tugas dan fungsinya sebagai anggota DPR RI, mengingat sebagai anggota DPR dari dapil Sumut 2, ia turut serta memperjuangkan pengalokasian anggaran tersebut ke pesantren atau madrasah yang ada di Sibolga dan Tapteng.

"Artinya, saya dan para tenaga ahli pun tidak salah merekomendasikan agar pesantren Al Mukhlisin ini layak menerima bantuan dari program ini. Mereka alhamdulillah melaksanakannya dengan baik, tentu bagi kami pun ini menjadi sebuah penyemangat agar semakin gigih lagi berbuat untuk masyarakat," ujarnya.

Didampingi pimpinan Ponpes AlMukhlisin Lumut, Muhammad Syahdan Lubis, anggota Komisi VIII DPR RI Hj Delmeria Sikumbang melakukan pengguntingan pita penanda asrama putri pesantren tersebut siap digunakan

Sementara itu, pimpinan Pondok Pesantren Al Mukhlisin Lumut, Tapanuli Tengah, Muhammad Syahdan Lubis kepada media menerangkan bahwa asrama putri tersebut akan ditempati oleh santriwati yang berasal dari luar daerah atau yang asal domisilinya jauh. Mayoritas santri Ponpes Al Mukhlisin berasal dari daerah sekitar, sedangkan untuk yang dari luar kota, santri putra akan tinggal di pondok sekitar pesantren dan untuk putri di asrama putri yang baru selesai pembangunannya.

Syahdan menjelaskan bahwa Pesantren Al Mukhlisin tersebut mengasuh tiga jenjang pendidikan sekaligus yaitu tingkat Ibtidaiyah/SD, Tsanawiyah/ SMP dan Aliyah/SMA. 700 santri saat ini dididik sebanyak 50 guru/ustadz-ustadzah dengan latar belakang disiplin ilmu yang berbeda.

"Jumlah santri kita ada 700 lebih dan untuk tenaga pendidik kita 56 orang. Kita mengasuh 3 jenjang pendidikan. Ada tingkat Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Aliyah. Ada namanya 'Ula, Wustho dan 'Ulya. Itu kalau di harafiyahnya," terangnya.

Muhammad Syahdan pun berterimakasih atas kedatangan anggota DPR RI, Delmeria Sikumbang. Delmeria menurut Syahdan memiliki peran yang sangat besar dalam memperjuangkan pesantren Al Mukhlisin mendapat bantuan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Agama RI melalui program Bantuan Asrama Baru.

"Alhamdulillah, tadi Ibu Delmeria telah berkunjung ke pesantren ini untuk melihat asrama putri yang baru, realisasi dari bantuan yang beliau serahkan tahun lalu. Dan beliau berkesampatan menandai pembukaan asrama tersebut. Asrama itu terwujud berkat bantuan dari Ibu Delmeria. Kami dari pimpinan pondok pesantren Al Mukhlisin Lumut berterimakasih kepada beliau dan kami mendoakan semoga beliau diberikan oleh Allah kesehatan dan juga sukses dalam karirnya," pungkasnya.--SW25--

Posting Komentar

0 Komentar