Dibantu Delmeria Sikumbang, Kini MTs Sibuluan Tapteng Miliki Gedung Belajar Sendiri

SW25
0
Didampingi Kakankemenag Tapteng Julsukri Mangandar Limbong, anggota Komisi VIII DPR RI Hj.Delmeria Sikumbang melakukan pengguntingan pita sebagai tanda dimulainya penggunaan gedung belajar baru MTs Sibuluan, Tapanuli Tengah

Sarudik, Tapteng - Suasana haru mewarnai pemakaian gedung baru Madrasah Tsanawiyah (MTs) Sibuluan, Kabupaten Tapanuli Tengah, pada Sabtu (18/3/2023). Gedung yang dibangun pada tahun 2022 tersebut, selesai pembangunannya pada awal tahun 2023 ini dan diresmikan penggunaannya oleh anggota Komisi VIII DPR RI, Hj.Delmeria Sikumbang, dengan ditandai pengguntingan pita.

Kedatangan Delmeria sendiri dalam rangka meninjau sejumlah pesantren dan madrasah penerima program bantuan kelas/ ruangan baru untuk mandrasah dan pesantren di Kabupaten Tapanuli Tengah, yang tahun 2022 lalu diserahkan oleh Delmeria Sikumbang.

Suasana haru mulai terasa, ketika ketua Yayasan MTs Sibuluan, Julsukri Mangandar Limbong, mengisahkan perjalanan MTs Sibuluan tersebut sejak dirintis hingga saat ini memiliki gedung sendiri. Julsukri yang merupakan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab.Tapteng ini mengatakan, selama lebih ini, MTs Sibuluan tersebut mengelola pendidikan dengan menumpang pada gedung sekolah lain, dan sering berpindah-pindah tempat.

Baru pada tahun 2022, atas dukungan dan bantuan dari Delmeria Sikumbang, yang notabenenya merupakan anggota DPR RI dari dapil Sumut 2, madrasah tersebut menerima kucuran dana pembangunan gedung baru sebesar Rp150 juta. Berkat bantuan tersebut, kini untuk pertama kalinya MTs Sibuluan memiliki gedung baru milik sendiri diatas tanah sendiri.

"Sebagai ketua yayasan, saya tidak pernah membayangkan, akhirnya setelah 15 tahun, MTs Sibuluan ini memiliki gedung sendiri. Ini tentu  berkah luar biasa dari Allah SWT, melalui tangan ibu Delmeria Sikumbang. Gedung ini menjadi cikal bakal dibangunnya gedung-gedung lainnya di tempat ini. Namun, sejarah akan mencatat, pertama sekali MTs Sibuluan ini memiliki gedung sendiri adalah atas dukungan dan bantuan ibu Delmeria Sikumbang," katanya.

"Jadi, andai kedepan madrasah ini semakin berkembang, maka yang pertama berjasa disini untuk ada gedung pertama adalah ibu Delmeria," tambahnya.

Gedung baru MTs Sibuluan Tapanuli Tengah

Sebagai ketua yayasan, Julsukri pun menyampaikan rasa terimakasih kepada Delmeria Sikumbang. Ia berpandangan, sebagai anggota DPR RI, Delmeria telah menunjukkan sepak terjangnya di kampung halamannya Sibolga dan Tapteng, dengan sering "pulang kampung" membawa sejumlah bantuan, baik bantuan fisik, sosial maupun dalam rangka peningkatan SDM masyarakat Sibolga dan Tapteng.

"Kita doakan semoga ibu Delmeria sehat. Apa yang menjadi cita-citanya nanti, jangan pernah kita lupa, jangan pernah tidak kita bantu. Kita dapat bantuan ini pun tidak ada neko-nekonya. Diberi semata-mata untuk kemajuan pendidikan generasi muda Islam di Tapanuli Tengah," ucapnya.

Sementara itu Delmeria Sikumbang mengungkapkan sejumlah bantuan yang berhasil ia perjuangkan untuk digelontorkan ke Tapanuli Tengah dan Sibolga, semata-mata sebagai wujud tanggungjawab dirinya yang telah dipilih sebagai anggota DPR di pusat. Sejak awal, dirinya telah membulatkan tekad bahwa jika dipercaya rakyat menjadi anggota legislatif, dirinya akan concern memperjuangkan apa yang menjadi kebutuhan warga Sibolga dan Tapteng, umumnya kebutuhan masyarakat di dapil Sumut 2.

Dalam perjuangan itu, lanjut Delmeria. Tidak semua mendapat dukungan pihak lain. Meskipun kadang hal tersebut menyangkut hajad hidup orang banyak, namun ada saja pihak-pihak yang tidak suka. Namun, meskipun demikian dirinya terus berbuat semaksimal mungkin untuk memberi manfaat bagi warga di daerah pemilihannya.

"Tapteng dan Sibolga ini kampung saya. Meskipun berdarah Minang, namun Tapteng ini menjadi kampung saya dan keluarga. Tidak saya beda-bedakan. Setiap ada kesempatan untuk berbuat untuk kampung ini, akan saya usahakan maksimal. Disukai atau tidak, karena ini menyangkut tanggungajawab yang diamanahkan kepada saya, maka harus saya kerjakan," kata Delmeria.

Delmeria pun bersyukur dan berterimakasih telah dilibatkan untuk membantu berdirinya gedung MTs Sibuluan tersebut. Baginya hal itu menjadi sebuah kesempatan untuk memberi manfaat.

"Saya berterimakasih telah dilibatkan untuk membantu hadirnya gedung baru madrasah ini. Insya Allah, kehadiran gedung baru ini dapat menjadi motivasi bagi yayasan dan para guru untuk semakin ulet dan gigih mengabdi dan mengajar bagi anak-anak kita di Tapteng ini," harapnya.
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)