Bersepeda Motor, Delmeria Datangi Rumah Warga Penerima Bantuan "Bedah Rumah" di Tapanuli Tengah

SW25
0
Delmeria menyapa warga penerima bantuan Rumah Sejahtera Terpadu (RTS) di Kabupaten Tapanuli Tengah. 

Tapteng - Delmeria Sikumbang, anggota Komisi VIII DPR RI meninjau rumah-rumah warga penerima bantuan Rumah Sejahtera Terpadu (RTS) di Tapanuli Tengah, pada Sabtu (18/3/2023). Menariknya peninjauan ini dilakukan dengan menggunakan sepeda motor yang dipinjam dari warga sekitar.

Delmeria terpaksa menggunakan sepeda motor, karena tidak semua penerima bantuan tinggal di lokasi yang akses jalannya telah baik. Sebagian warga ada yang tinggal di daerah pedalaman Tapanuli Tengah, yang akses jalannya masih sangat terbatas dan tidak dapat dilalui kendaraan roda empat.

Pada peninajau ini, Delmeria melihat langsung keadaan rumah warga pasca direhab dan berdialog langsung dengan mereka terkait pengalaman menempati rumah pasca rehab serta kebutuhan mereka kedepannya.

Delmeria bersyukur, warga yang dulunya tinggal dirumah-rumah yang jauh dari kata layak huni, kini telah memiliki rumah yang nyaman dan refresentatif. Ia pun mengapresiasi tingginya tanggungjawab warga penerima program bantuan Rumah Sejahtera Terpadu (RTS) yang digelontorkan ke Kabupaten Tapanuli Tengah pada tahun 2022, bersumber dari Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Sejumlah desa dan kelurahan yang dikunjungi Delmeria dan rombongan hari itu diantaranya Desa Aek Horsik, Desa Muara Nibung, Kelurahan Hajoran, Desa Aek Raso dan Desa Pananggahan di Sorkam.

Dari peninjauan tersebut ditemukan bahwa warga penerima manfaat program telah menggunakan dana rehab rumah dengan baik. Rumah warga yang dulunya jauh dari kata layak huni, kini telah dapat ditinggali oleh warga dengan layak dan nyaman.

Bahkan, sejumlah penerima bantuan rela menggunakan uang pribadinya untuk memaksimalkan rehab rumah tersebut sehingga terlihat semakin elegan.

"Saya tentu berterimakasih atas tingginya tanggungjawab warga yang menerima bantuan ini. Tadi dari beberapa sampel yang kita datangi, alhamdulillah semuanya dibangun dengan baik dan nyaman. Artinya, bantuan itu dikelola dengan benar dan diberikan kepada warga yang benar-benar membutuhkannya pula," ujarnya.

Meskipun realisasi dan implementasi program RTS tersebut berjalan dengan baik, namun dalam peninjauan tersebut Delmeria masih menemukan sejumlah rumah warga yang layak untuk dibantu. Ia pun memerintahkan tenaga ahli yang ikut turun meninjau untuk mendata warga tersebut guna diusulkan sebagai penerima program bantuan yang sama di tahun 2023.

"Tadi juga saya melihat ada beberapa rumah warga yang tidak layak huni. Itu juga sudah kita ambil datanya, dan akan kita usulkan untuk mendapat bantuan yang sama," katanya.

Masih kata Delmeria. Pada tahun 2022, Kabupaten Tapanuli Tengah menerima alokasi bantuan RTS untuk 100 unit rumah. Akan tetapi dalam perjalanannya hanya 56 unit rumah yang dapat direhab. Sebanyak 44 paket bantuan lagi harus dikembalikan ke negara karena secara administrasi ke 44 warga calon penerima bantuan tersebut tidak mendapat rekomendasi dari aparat pemerintah setempat.

"Tentu ini kita sayangkan. Saya pribadi tidak tahu permasalahananya apa. Tapi sebaiknya, kedepan jika ada bantuan bagi warga di Tapteng hendaknya dipermudah urusan administrasinya. Karena jika warga terbantu, tentu beban pemerintah setempat otomatis berkurang,"ungkap Delmeria.

Sementara itu, mewakili warga penerima bantuan RTS, Mawardi Nazara, warga Hajoran, meminta Delmeria tidak berhenti berjuang untuk Tapanuli Tengah dalam rangka mendapatkan bantuan pemerintah pusat dalam bentuk apa pun. Menurut Mawardi, Sejak Delmeria duduk sebagai anggota DPR RI, warga Tapteng tidak pernah sepi dari bantuan pemerintah pusat.

Mawardi merinci, setiap "pulang kampung" dalam rangka reses, sejumlah jenis bantuan pemerintah pusat mulai dari bantuan bedah rumah, bantuan sembako, disabilitas, lansia, bantuan modal usaha, bantuan untuk mandrasah dan pesantren, secara bergilir disalurkan di Tapanuli Tengah. Hadirnya pemerintah pusat di desa dan kampung-kampung di Tapanuli Tengah, didorong dan diperjuangkan oleh Delmeria Sikumbang.

"Rakyat kecil ini sangat membutuhkan bantuan daripada Ibu Delmeria sebagai perwakilan masyarakat di sana (pusat-red). Oleh karena itu, jangan berhenti untuk peduli dan tetaplah berjuang untuk Tapanuli Tengah," ucapnya dihadapan Delmeria.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)