Berhasil Lampaui Target Pendapatan, BLUD RSU dr. Ferdinand Lb.Tobing Sibolga Diapresiasi DPRD

SW25
0
Wakil Ketua DPRD Kota Sibolga Jamil Zeb Tumori didampingi Direktur BLUD RSU dr.Ferdinand Lb.Tobing Sibolga, dr.Hotma Nauli Hutagalung meninjau fasilitas dan pelayanan rumah sakit tersebut dalam kunjungan kerja yang dilaksanakan pada Senin (13/2)

Kota Sibolga - Manajemen BLUD RSU dr.Ferdinand Lb.Tobing Sibolga berhasil torehkan prestasi signifikan sepanjang tahun 2022. Capaian keberhasilan itu mendapat apresiasi dari pimpinan DPRD Kota Sibolga, Jamil Zeb Tumori, Senin (13/2/2023).

Jamil, pada kunjungan kerja ke RSU kebanggaan masyarakat Sibolga itu mengaku, pada awalnya sempat meragukan kemampuan direktur RSU FL Tobing Sibolga yang saat ini dijabat dr. Hotma Nauli Hutagalung dalam hal pengelolaan rumah sakit milik pemerintah tersebut.

Pasalnya, pada kurun waktu tertentu capaian pendapatan BLUD tersebut sempat menurun signifikan. Namun, dalam 3 tahun terakhir, dr. Hotma Nauli Hutagalung mampu membalik keadaan.

"dr. Hotma ternyata mampu menorehkan prestasi yang membanggakan, terutama dari sisi kenaikan pendapatan dan jumlah pasien yang berobat ke rumah sakit," kata Jamil.

Jamil pun menegaskan bahwa pihaknya dari komisi III DPRD Kota Sibolga selalu berkomitmen untuk mendorong peningkatan sistem pelayanan rumah sakit kepada masyarakat.

Berdasarkan data yang diterima diterakan bahwa pada periode 2020-2022, realisasi pendapatan BLUD RSU dr.Fl.Tobing Sibolga rerata diatas 100 persen.

Pada tahun 2020, dari pagu anggaran pendapatan yang ditetapkan sebesar Rp34 milyar, RSU FL Tobing mampu merealisasikannya sebesar Rp42,086 milyar atau naik 124%

Di tahun 2021, dari Rp28 milyar yang ditargetkan, terealisasi sebesar Rp42,136 milyar atau 150%. Sedangkan pada tahun 2022, RSU ini mampu merealisasikan pendapatan sebesar Rp48,819 milyar dari pagu anggaran yang ditetapkan sebesar Rp38 milyar, atau meningkat 128%.

Capaian peningkatan realisasi pendapatan tersebut berbanding lurus dengan peningkatan kunjungan pasien yang datang berobat baik rawat inap maupun rawat jalan.

Pada tahun 2021, jumlah pasien rawat inap di RSU dr.FL Tobing Sibolga sebanyak 3.169 orang. Dan pada tahun 2022, jumlah itu meningkat hampir setengahnya yaitu sebanyak 5429 orang.

Untuk rawat jalan, pada tahun 2021, jumlah pasien tercatat sebanyak 59.287 orang, dan pada tahun 2022 meningkat menjadi 75.238 orang. Dengan demikian, sebanyak 80.667 orang warga Sibolga maupun luar Sibolga telah menerima manfaat atas pelayanan rumah sakit rujukan di pantai barat Sumut tersebut.

“Kita bangga atas prestasi yang diberikan dr Hotma, karena janjinya sudah ditepati. Kita pun menilai Wali Kota Sibolga tidak salah menempatkan dr Hotma sebagai dirut BLUD RSU dr FL Tobing Sibolga,” katanya.

Dirut BLUD RSU dr FL Tobing Sibolga, dr Hotma Nauli Hutagalung membenarkan, komitmen Komisi III DPRD Sibolga dalam upaya peningkatan sistem pelayanan di rumah sakit merupakan salah satu kunci keberhasilan capaian kinerja selama periode 2020-2022.

“Pak Jamil juga sangat getol menggenjot kami untuk bisa meningkatkan pelayanan di rumah sakit ini, banyak masukan dan kritikan, namun itu kami anggap sebagai motivasi untuk bisa lebih baik lagi,” katanya.

Hotma menjelaskan beberapa inovasi yang dilakukan pihaknya untuk meningkatkan sistem pelayanan kepada masyarakat. Di antaranya, program siaga layanan ambulans gratis pake (siLAKE) yang diinisiasi DPRD Sibolga untuk pelayanan menjemput pasien langsung ke rumah.

“Layanan siLAKE yang diinisiasi oleh Pak Jamil dari Komisi III DPRD Sibolga ini sudah berjalan dan sudah banyak pasien yang kita jemput hingga ke atas gunung,” katanya.

Ada juga pelayanan Sobat (sahabat antar obat). Petugas rumah sakit akan melakukan layanan pengantaran obat bagi pasien rawat jalan ke rumah masing-masing.

Selanjutnya untuk meningkatkan pelayanan dan menambah jumlah pasien, BLUD RSU dr FL Tobing Sibolga juga membuka layanan poliklinik sore sejak Januari 2023.

“Tujuannya, kami berupaya untuk membantu pasien yang berasal dari luar kota agar bisa tetap terlayani dengan baik. Dengan pencapaian ini, kami harapkan ke depannya kinerja kami akan semakin membaik,” katanya.

Hotma menambahkan, untuk mendukung kinerja rumah sakit, pihaknya juga akan menerima bantuan ambulans dari Bank Sumut. Rencananya, bantuan tersebut diserahkan pada Selasa (14/2/2023).

Foto: Pimpinan DPRD Sibolga, Jamil Zeb Tumori dan Dirut BLUD RSU dr FL Tobing Sibolga, dr Hotma Nauli Hutagalung meninjau salah satu ruang pasien rawat inap.--sw25--
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)