Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

"Nyantri" di Ponpes Darul Hikmah, Delmeria dan Syarfi Paparkan 4 Pilar Kebangsaan

Hj Delmeria Sikumbang sampaikan sambutan dan paparan 4 pilar kebangsaan di Ponpes Darul Hikmah Sirandorung

Sirandorung | Untuk kedua kalinya, Hj.Delmeria Sikumbang melakukan kunjungan silaturrahmi ke pondok pesantren Modern Darul Hikmah, Kecamatan Sirandorung, Kabupaten Tapanuli Tengah pada Jum:at (16/09/2022). Kali ini Delmeria dan rombonhan hadir dalam rangkaian kegiatan sosialisasi 4 pilar kebangsaan di pesantren yang didirikan oleh almarhum Prof. Dr. Daniel Kamars Tanjung pada tahun 1990 tersebut. Sebelumnya, pada Desember 2021, Delmeria hadir ke pesantren ini dalam rangkaian monitoring bantuan sanitasi air bersih bagi pondok pesantren dimana Darul Hikmah salah satu penerimanya.

Pimpinan pondok pesantren modern Darul Hikmah, Drs.H.Pasjud Nasution dalam sambutannya menyampaikan atensi dan terimakasih atas kepedulian Delmeria terhadap ponpes binaannya. Kunjungan Delmeria sebanyak dua kali ke Darul Hikmah menjadi bukti bahwa Delmeria peduli kepada pengembangan pesantren khususnya di Kabupaten Tapanuli Tengah.

"Kali pertama ibu datang membawa bantuan fisik berupa sanitasi air bersih untuk pesantren ini, dan sekarang ibu dan rombongan datang lagi dengan membawa bantuan moral pancasila melalui sosialisasi 4 pilar kebangsaan ini," ungkap Pasjud.

Terimakasih yang sebesar-besarnya atas kepedulian ibu Delmeria kepada kami," kata Pasjud kembali yang disambut tepuk tangan riuh 200-an santriwan dan santriwati.

Sementara itu Delmeria mengaku terharu atas penyambutan keluarga besar ponpes modern Darul Hikmah. Baginya, pendidikan agama merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari perjalanan hidupnya. Sebagai salah satu lulusan madrasah aliyah di Padang, pesantren dan MA punya konstribusi yang besar dalam mempersiapkan generasi muda bangsa yang beriman dan bertaqwa. Ia pun meminta santriwan dan santriwati Darul Hikmah untuk percaya diri menimba ilmu di pondok pesantren.

Hj. Delmeria Sikumbang selaku anggota MPR RI dan anggota komisi VIII DPR RI berikan motivasi belajar bagi ratusan santri ponpes Darul Hikmah Sirandorung

"Meskipun letaknya dikampung tetapi semangat untuk sukses harus bisa melampaui orang orang yang bersekolah di kota. Karena sekolah dimana saja bedanya hanya pada fasilitas. Maka, selama yayasan, santriwan dan santriwati bisa menfasilitasi diri sendiri dengan mengoptimalkan potensi yang ada maka kualitas pesantren ini bisa sejajar bahkan lebih dari pesantren-pesantren lainnya," ungkap Delmeria.

Delmeria pun berharap melalui sosialisasi 4 pilar kebangsaan ini, santri diharapkan memiliki nilai nilai nasionalisme yang tinggi dan tidak mudah tergerus oleh arus westernisasi.

"Hormati orangtua kalian, belajar yang serius dan jangan takut bermimpi setinggi-tingginya untuk masa depan kalian yang lebih baik," pinta Delmeria.

Sementara itu.Walikota Sibolga periode 2010-2015 dan 2016-2021 yang didaulat sebagai narasumber sosialisasi 4 pilar kebangsaan menyampaikan besarnya peran ulama dan pesantren dalam mewujudkan kemerdekaan. Ulama dan santri telah memberikan konstribusi yang sangat besar dalam melahirkan sebuah negara berdaulat bernama Indonesia. Menariknya meskipun konstribusi umat Islam atas berdirinya bangsa ini amat besar, namun para tokohnya rela menghilangkan 7 kata dalam piagam Jakarta sebagai cikal bakal Pancasila.

"Semua pengorbanan besar itu semata-mata untuk menjaga keutuhan NKRI," papar Syarfi.

M.Syarfi Hutauruk memberikan paparan 4 pilar kebangsaan bagi santri ponpes Darul Hikmah Sirandorung

Syarfi pun menolak tegas semua stigma negatif yang dialamatkan kepada umat Islam terkait maraknya gerakan anti pemerintah yang muncul belakangan ini.

"Oleh karena itu, jangan mudah terhasut oleh pikiran-pikiran dan pemahaman yang merusak tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara," urai mantan anggota DPR RI ini.

Syarfi pun memberikan penekanan bahwa 4 pilar kebangsaan yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bineka Tunggal Ika adalah ruh dan jiwa semangat bangsa Indonesia. Satu saja dari 4 pilar tersebut goyah maka akan menjadi ancaman yang serius bagi keutuhan NKRI

"Pahami dan hayati nilai dan semangat yang terkandung dalam pilar-pilar kebangsaan ini agar semakin tertanam nasionalisme yang kokoh didalam hati sanubari kalian semua," pungkas Syarfi.

Ratusan santri dan tenaga pendidik ponpes Darul Hikmah Kec. Sirandorung, Kab. Tapteng mengikuti sosialisasi 4 pilar kebangsaan yang dilaksanakan oleh anggota MPR/DPR RI Hj. Delmeria Sikumbang


Posting Komentar

0 Komentar