Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Tutup Tahun Ajaran 2021-2022, MTs-MA Darur Rachmad Sibolga Gelar Khatam Qur'an

Seratusan siswa-siswi kelas 9 MTs dan 12 MA bersama civitas akademika PTh Darur Rachmad Sibolga, khusu' membaca Al Qur'an hingga khatam sebagai wujud syukur berakhirnya tahun ajaran 2021/2022.

SIBOLGA | Perguruan Thawalib Darur Rachmad (PTHDR) Sibolga menggelar Khatam Qur'an dalam rangka syukuran berakhirnya tahun ajaran 2021/2022 di Masjid Al Abidin, Komplek PTh Darur Rachmad, Jl Aso-aso, Kel. Pancuran Kerambil, Sibolga pada Senin (28/3/2022).

Khatam Qur'an ini khusus diikuti oleh pelajar Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) kelas 9 dan 12 yang pada tahun ajaran ini akan menyelesaikan Studinya.

Kepala Madrasah Tsanawiyah, Amir Mahmud Hasibuan, ST kepada limakabar.com menjelaskan, Khatam Qur'an yang dilaksanakan pada Senin pagi itu rutin dilaksanakan setiap tahun. Setiap siswa PTh Darur Rachmad berkewajiban Khatam Qur'an minimal satu kali dalam setahun. Kewajiban itu diambil dalam rangka menanamkan rasa cinta terhadap Al Qur'an dan juga untuk mendekatkan generasi Islam pada nilai-nilai  Al Qur'an.

Ketua Pembina Yayasan dan Kepala MTs/MA PTh Darur Rachmad Sibolga menyerahkan pulut kuning kepada perwakilan siswa dan guru saat syukuran dan khatam Qur'an

Masih kata Amir Mahmud, Khatam Qur:an tahun ini pun dimaksudkan sebagai wujud syukur kepada Allah SWT atas keberhasilan menyelesaikan membaca Al Qur'an hingga khatam selama satu tahun terakhir.

"Kita ingin anak-anak tidak menjadikan kewajiban Khatam Qur'an ini sebagai sebuah beban melainkan tugas mulia yang harus disyukuri. Kewajiban itu telah mereka laksanakan dengan baik," katanya.

Sementara itu Kepala Madrasah Aliyah, M.  Sandi Irawan, S.PdI mengharapkan kebiasaan membaca Al Qur'an yang dilaksanakan siswa selama memgenyam pendidikannya di MTs/MA Darur Rachmad ini dapat dipertahankan dan menjadi kebiasaan yang terus dilaksanakan dirumah.

Siswa dan guru MTs-MA PTh Darur Rachmad membagikan 200 kotak makanan ringan bagi pengguna jalan raya di Jl SM Raja,Kel Pancuran Kerambil Kota Sibolga

Sandi menjelaskan, untuk tahun ajaran 2022/2023 PTh Darur Rachmad akan meningkatkan metode menanamkan rasa cinta terhadap Al Qur'an melalui kebijakan wajib hapal beberapa zul Al Qur'an selama mengenyam pendidikannya. Tenaga pendidik telah berkomitmen agar tahun ajaran baru nanti selain kewajiban mengkhatam Al Qur'an tetap dilaksanakan, siswa juga diwajibkan hapal beberapa juz dari Al Qur'an.

"Insya Allah, melalui kebijakan ini akan lahir hafidz dan hafidzah dari Darur Rachmad ini," harapnya.

Amatan media, Khatam Qur'an yang dimulai pukul 10.00.WIB ini diikuti oleh seratusan siswa kelas 9 dan 12, tenaga pendidik dan non kependidikan serta ketua pembina yayasan PTh Darur Rachmad Sibolga, Hj. Darmaini Tanjung, S.Ked. 

Rangkaian acara ini ditutup dengan kegiatan Siswa Darur Rachmad Berbagi. Sebanyak 200 kotak makanan ringan dibagikan kepada pengguna jalan raya di Jl SM Raja, Kelurahan Pancuran Kerambil, Sibolga.

Kegiatan Siswa Darur Rachmad berbagi ini dilaksanakan sebagai wujud syukur dan doa semoga siswa kelas 9 MTs dan 12 MA dapat lulus seratus persen dan diterima di perguruan tinggi negeri bagi yang melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

"Mudah-.mudahan apa yang kami lakukan hari ini mendapat keberkahan dari Allah, dan apa yang menjadi harapan kami untuk lulus dan dapat kuliah tahun ini bisa terwujud," Kata Karina Dwi Hapsari, siswi kelas XII IPA MA Darur Rachmad Sibolga.(SW25)

Posting Komentar

0 Komentar