Desa Onozitoli Tabaloho Deklarasikan Stop BAB Sembarangan

Redaksi
0

 

Gunungsitoli | Setelah seluruh rumah wsarga dan fasilitas umum telah memiliki jamban sehat dan telah melalui hasil verifikasi lapangan oleh tim dari Puskesmas Gunungsitoli Selatan, Desa Onozitoli Tabaloho Kecamatan Gunungsitoli Selatan melakukan deklarasi Stop Buang Air Besar (BAB) Sembarangan yang ditandai dengan pembacaan teks deklarasi  yang diikuti oleh masyarakat Desa Onozitoli Tabaloho lalu dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi oleh Camat Gunungsitoli Selatan, Kepala Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli, Kepala Puskesmas Gunungsitoli Selatan, Kepala Desa Onozitoli Tabaloho, dan masyarakat Desa Onozitoli Tabaloho bertempat di Kantor Desa Onozitoli Tabaloho pada hari Selasa (25/01/2022).

Dengan terlaksananya kegiatan tersebut, Desa Onozitoli Tabaloho juga menjadi Desa kedua di Kota Gunungsitoli yang berhasil menjadi Desa ODF (Open Defication Free) atau bebas buang air sembarangan.

Camat Gunungsitoli Selatan Selamat P. Harefa memberikan apresiasi keberhasilan Desa Onozitoli Tabaloho sebagai desa yang bisa bebas dari buang air besar sembarangan dan berharap kepada Pemerintah Desa, Kepala Desa, dan BPD agar terus memberikan pemahaman-pemahaman kepada masyarakat dan bagi keluarga yang akan membangun rumah agar selalu diingatkan untuk membangun jamban sehat.

Senada dengan hal itu, Kepala Puskesmas Gunungsitoli Selatan Sosaidaman Zebua  juga mengucapkan selamat dan berterimakasih atas komitmen yang sudah ditunjukkan oleh seluruh aparat desa dan warga desa Onozitoli Tabaloho. Karena menjadi desa kedua yang berani dan mempunyai komitmen untuk mendeklarasikan sebagai desa yang stop buang air besar sembarangan.

Sementara itu, kepada desa Onozitoli Tabaloho Elman Harefa dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kepala Puskesmas Gunungsitoli Selatan yang selama ini terus memberikan motivasi dan semangat kepada warga desa Onozitoli Tabaloho dalam bidang kesehatan. 

“Kami juga berterimakasih kepada Pemerintahan Kecamatan Gunungsitoli Selatan yang telah mendukung dan mendorong desa untuk kegiatan pendeklarasian menjadi desa ODF di tahun 2022 ini,” ujar Kepala Desa Onozitoli Tabaloho. (Berdin)

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)