Syarfi Lantik Pengurus IKA UT se-Kepulauan Nias. Sebut UT sebagai Aksesibilitas Pendididkan Tinggi di Daerah Kepulauan dan Terpencil

SW25
0
Ketua IKA UT Sumut Drs. H.M. Syarfi Hutauruk, MM menyerahkan pataka alumni UT kepada salah satu pengurus IKA UT periode 2024-2029 yang baru saja dilantik

GUNUNGSITOLI - Ketua Ikatan Alumni Universitas Terbuka (IKA UT) Sumatera Utara, Drs. H.M Syarfi Hutauruk, MM, melantik kepengurusan IKA UT se-Kepulauan Nias, Sumatera Utara, yang dipusatkan di Aula Kantor Walikota Gunungsitoli, pada Kamis (30/5/2024).

Adapun pengurus yang dilantik adalah IKA UT Kota Gunungsitoli, IKA UT Kab. Nias, IKA UT Kab. Nias Barat, IKA UT Kab. Nias Utara dan IKA UT Kab. Nias Selatan. Masing-masing untuk periode 2024-2029.

Ketua IKA UT Sumut, M. Syarfi Hutauruk dalam sambutannya mengatakan kehadiran IKA-UT tidak semata sebagai ajang silaturrahmi sesama lulusan Universitas Terbuka melainkan juga berkontribusi terhadap pengembangan pendidikan nasional di Indonesia.

Syarfi mengungkapkan, UT sebagai satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang oleh negara diberi kewenangan menyelenggarakan perkuliah kelas jauh telah membuka seluas-luasnya kesempatan kepada warga untuk mendapatkan pendidikan yang layak di bangku perkuliahan.

Lulusan S2 Universitas Terbuka tahun 2018 ini mengatakan, saat ini tidak ada lagi alasan untuk mendapatkan pendidikan tinggi yang layak dengan biaya yang terjangkau. 

UT hadir untuk menyelesaikan masalah klasik tersebut bahkan tidak mengganggu dunia kerja sama sekali. 

Suasana pelantikan pengurus IKA UT se-Kepulauan Nias periode 2024-2029 oleh Ketua IKA UT Sumut Syarfi Hutauruk di aula Kantor Walikota Gunungsitoli

Kemudahan yang diberikan negara melalui UT tersebut telah dirasakan manfaatnya oleh banyak orang tidak hanya mahasiswa dan alumni UT itu sendiri tetapi juga oleh keluarga.

"Oleh karena itu sebagai alumni, kita memiliki kewajiban moral untuk menyampaikan informasi terkait UT ini kepada masyarakat, agar kesempatan mengenyam pendidikan tinggi itu semakin merata dtengah-tengah masyarakat," kata Syarfi.

Masih kata Syarfi. Peran alumni terhadap peningkatan jumlah mahasiswa UT merupakan satu dari beberapa rumusan penting yang dihasilkan dalam Rakernas UT baru-baru ini di Jakarta.

Mengajak masyarakat untuk melanjutkan pendidikannya di UT bukan semata-mata menjadi tugas UT saja sebagai penyelenggara pendidikan tetapi juga para alumni yang merasakan langsung manfaat dan kemudahan selama kuliah di UT.

"Karena kita yang merasakan langsung kemudahan-kemudahan proses perkuliahan di UT ini, maka masyarakat akan lebih percaya dan mudah diyakinkan," ujarnya.

Foto bersama ketua umum IKA UT Sumut H.M. Syarfi Hutauruk, Sekda Kota Gunungsitoli Oimanaha Waruwu dan pengurs IKA UT se-Kepulauan Nias yang baru saja dilantik

Mantan Walikota Sibolga ini mengatakan secara geografis, UT menjadi solusi handal untuk daerah-daerah yang belum memiliki perguruan tinggi khususnya daerah kepulauan seperti Nias.

Dibatasi oleh ruang dan waktu serta biaya, UT sejatinya menjadi pilihan utama masyarakat Nias khususnya lulusan SMA sederajat untuk melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi.

"Hadirnya UT ini yang diuntungkan, yang mendapat manfaat yang sebesar-besarnya adalah masyarkat atau calon mahasiswa yang berada di kepulauan atau di daerah terpencil, dimana kita (daerah) belum mampu mendirikan universitas atau perguruan tinggi," terang Syarfi.

"Jadi tidak berlebihan jika saya katakan UT sebagai aksesibilitas pendidikan tinggi di daerah kepulauan dan terpencil," tambahnya.

Mantan anggota DPR RI ini pun berharap, pengurus IKA UT yang baru saja dilantik tetap menjaga soliditas, koordinasi dan konsolidasi internal, agar IKA UT eksis dalam berkegiatan dan memberi kontribusi positif bagi pembangunan di Kepulauan Nias.

"Saya ucapkan selamat untuk para pengurus yang telah dilantik. Semoga saudara-saudara bisa bekerja dengan baik dan memberi manfaat yang baik pula bagi organisasi, almamater, daerah, bangsa dan negara," pungkasnya.

Turut hadir dalam pelantikan pengurus IKA UT se-Kepulauan Nias ini diantaranya Walikota Gunungsitoli diwakili oleh Sekda Oimanaha Waruwu, Direktur UT Palembang Yasir Riady M.Hum, Kepala Dinas Pendidikan Kota Gunungsitoli Drs. Arham Dusky Hia, Ketua Panitia pelantikan Wirman Harefa, serta pengurus IKA UT  dan mahasiswa UT se-Kepulauan Nias.

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)