Jelang Milad ke-96, PP PERTI 'Napaktilasi' Semangat Perjuangan Tokoh-Tokoh PERTI di TMP Kalibata dan TPU Tanah Kusir Jakarta

SW25
0

 

Ketua Umum PP PERTI, Buya H. Syarfi Hutauruk bersama pengurus pusat PERTI sesaat sebelum berziarah di TMP Kalibata Jakarta

JAKARTA - Menyongsong peringatan Milad ke-96 Persatuan Tarbiyah Islamiyah (PERTI) tahun 2024, Pimpinan Pusat PERTI (PP PERTI) menggelar kegiatan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata Jakarta, pada Sabtu (4/5/2024).
Ziarah dan tabur bunga tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Umum PP Perti, Buya H. Syarfi Hutauruk, serta diikuti oleh pengurus pusat PERTI dan sejumlah Pimpinan Daerah Tingkat I PERTI se-Indonesia.

Ziarah yang dimulai pukul 10.00 WIB tersebut diawali dengan doa dan tabur bunga di pusara Letjend TNI (HOR) Ir. H. Azwar Anas bergelar Datuk Rajo Sulaiman.

Almarhum Azwar Anas diketahui pernah menjadi Ketua Umum PB Tarbiyah (sebelum menjadi PERTI) periode 1998-2001 dan 2004-2006.

Sebelum wafat pada 5 Maret 2023, Alm Azwar Anas terakhir menempati posisi sebagai Ketua Majelis Pembina Pusat PERTI periode 2016-2022.

Buya H.Syarfi Hutauruk dan rombongan menabur bunga di pusara makam tokoh PERTI Alm. Ir.H. Azwar Anas

Di TMP Kalibata, rombongan ziarah PERTI juga menggelar tabur bunga di pusara Alm KH. Ismail Hasan, Ketua Umum PP PERTI periode 1989-1998. Almarhum adalah mantan anggota Dewan Pertimbangan Agung  RI (DPA-RI) pada era Presiden BJ. Habibie, KH.Abdul Rahman Wahid dan Megawati Soekarno Putri.

Selain di TMP Kalibata Jakarta, dihari yang sama Pengurus Pusat PERTI periode 2022-2027 ini juga berziarah ke makam tokoh-tokoh PERTI di Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

Di TPU Tanah Kusir, sedikitnya terdapat 3 tokoh penting PERTI dimakamkan, yaitu Alm. Roesli Abdul Wahid, seorang ulama ahlussunnah wal jama'ah yang bersama Sirajuddin Abbas menjadi tokoh penting dari PERTI khususnya pra-kemerdekaan.

Ketua Umum PP PERTI, Buya H.Syarfi Hutauruk bersama pengurus lainnya berdoa bersama di pusara makam KH. Roesli Abdul Wahid, di TPU Tanah Kusir Jakarta Selatan

Sirajuddin Abbas sendiri terpilih sebagai ketua umum PERTI pada konferensi di Bukti Tinggi tahun 1939. Ditangannya PERTI kian berkembang dan mulai merambah dunia politik.

Tokoh PERTI lainnya yang dimakamkan di TPU Tanah Kusir adalah Alm. Rusli Halil. Pendiri Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini tercatat dalam sejarah menjadi ketua umum PP PERTI periode 1966-1985.

Ketua Umum PP PERTI, Buya Drs.H. Syarfi Hutauruk, kepada awak media menjelaskan, kegiatan ziarah ke TMP Kalibata dan TPU Tanah Kusir Jaksel adalah dalam rangka mendoakan dan menapaktilasi semangat dan perjuangan tokoh-tokoh PERTI sejak didirikan pada 5 Mei 1928.

Bagi PERTI, apa yang diraih saat ini hanya bisa dicapai melalui iuran pikiran, tenaga dan materi dari tokoh-tokoh penting PERTI dari tahun ke tahun dengan kepemimpinan yang silih  berganti.

"Ziarah ini tidak sebatas wujud penghormatan atas jasa mereka, tetapi sebagai wujud komitmen meneruskan apa yang telah mereka perjuangkan dimasanya dulu untuk kebaikan bangsa dan negara," kata Buya H.Syarfi.

Buya H. Syarfi Hutauruk menabur bunga di pusara makam tokoh PERTI Alm. Sirajuddi Abbas di TPU Tanah Kusir Jakarta Selatan

PERTI lanjut Buya H.Syarfi Hutauruk, sebagaimana yang diniatkan oleh para pendirinya akan senantiasa hadir berkonstribusi dalam kemajuan bangsa dan negara baik diminta atau pun tidak.

"Sebagai organisasi Islam, PERTI memiliki tanggungjawab moral untuk menyiapkan generasi Islam yang berakhlaqul karimah dalam ke-tarbiyah-an dengan menggaungkan visi besar PERTI dibidang Pendidikan, Dakwah dan Kesejahteraan Sosial," ungkap Buya.

Buya H.Syarfi Hutauruk pun berharap, ziarah dan tabur bunga ke makam tokoh-tokoh PERTI yang mengambil momentum Milad PERTI ke-96 tahun 2024 harus membawa perubahan signifikan dalam tubuh PERTI sebagaimana tema Milad yaitu Berbenah dan Bersatu Menuju Indonesia Maju, Menuju Satu Abad PERTI.

"Insya Allah, kita semua akan mewarisi semangat juang para pendahulu untuk membesarkan PERTI dimasa-masa yang akan datang yang pada akhirnya akan membesarkan bangsa dan negara ini," pungkasnya.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)