Pokdakan Sanuwu Berhasil Budidaya Ikan Nila Dengan Sistem Bioflok

Redaksi
0


Nias Utara | Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Sanuwu yang berada di Lolomboli Desa Banuagea Kecamatan Tuhemberua berhasil membudidayakan ikan nila dengan sistem bioflok. Hal itu ditandai dengan pelaksaan panen yang dilaksanakan pada Senin (25/09/2023).

Budidaya sistem bioflok adalah teknologi budidaya ikan melalui rekayasa lingkungan yang mengandalkan pasokan oksigen dan pemanfaatan mikroorganisme yang secara langsung dapat meningkatkan nilai kecernaan pakan.

Pengurus Pokdakan Sanuwu Oriel Gea menjelaskan bahwa saat ini kelompok mereka terus bekerja untuk menghasilkan benih guna menyuplai kelompok-kelompok lain dan juga untuk dikonsumsi oleh masyarakat sekitar.

"Terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Nias Utara khususnya kepada Dinas Perikanan Kabupaten Nias Utara atas pendampingan dan perhatian yang diberikan kepada kelompok hingga saat ini,"ujarnya.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Nias Utara Sabar Jaya Telaumbanua menjelaskan bahwa kegiatan panen yang dilakukan merupakan hasil paket bantuan sarana dan prasarana  dari Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Tahun Anggaran 2022. 

Paket bantuan tersebut diterima oleh dua kelompok pembudidaya ikan di Kabupaten Nias Utara salah satunya adalah Pokdakan Sanuwu. Dengan sistem bioflok masa panen hanya membutuhkan waktu empat  bulan bila dibandingkan dengan panen normal yang membutuhkan waktu selama enam bulan.

"Ini merupakan hasil panen yang kedua kali dilakukan oleh Pokdakan Sanuwu, dimana hasil ini cukup efesien dan produktif, dengan enam media bioflok yang diterima maka produksi panen akhir dapat menghasilkan 1.000 kg ikan nila setiap periode panen. Semoga ke depan dapat terus dikembangkan dan dicontoh bentuk usaha ini oleh kelompok-kelompok pembudidaya lainnya,"ujar Sabar.

Wakil Bupati Nias Utara Yusman Zega yang juga turut ikut melakukan panen menyampaikan bahwa usaha budidaya Pokdakan Sanuwu dapat menjadi percontohan kepada kelompok-kelompok lainnya. harapannya Pokdakan Sanuwu dapat menjadi pusat budidaya ikan air tawar yang menghasilkan benih dan produksi pembesaran budidaya ikan air tawar di Kabupaten Nias Utara. (Berdin)
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)