BI dan TNI AL Berangkatkan Tim Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2023, Sasar 4 Pulau Terluar di Pantai Barat Sumut

SW25
0
Kepala KPw BI Sumut, Wira Kusuma memakaikan rompi kepada tim ERB 2023 sebagai tanda dilepaskan tim ERB 2023 tersebut dari Pelabuhan Baru Teluk Dalam, menuju 4 pulau 3T di Kab. Nisel

Kab. Nias Selatan - Lagi, Bank Indonesia bersama dengan TNI AL kembali memberangkatkan Ekspedisi Rupiah Berdaulat (ERB) 2023, dari Pelabuhan Baru Teluk Dalam, Kabupaten  Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara, pada Kamis (3/8/2023).


ERB 2023 menggunakan armada KRI Bontang-907 tersebut dilepas oleh Kepala KPw BI Sumut, Wira Kusuma bersama Anggota Komisi XI DPR RI, Gus Irawan Pasaribu dan Komandan Guskamla Koarmada I TNI AL, Laksma TNI Tony Herdiyanto.


ERB sendiri merupakan bentuk layanan penyedia uang Rupiah layak edar melalui kas keliling yang dikhususkan kepada masyarakat di wilayah Terdepan, Terluar dan Terpencil (3T).


Dilaporkan, ERB 2023 akan mengunjungi 4 pulau terluar di Provinsi Sumut bagian barat yaitu Pulau Tello, Pulau Tanahmasa, Pulau Tanahbala dan Pulau Sumuk di Kab. Nisel.


Kepala KPw BI Sumut, Wira Kusuma mengatakan, ekspedisi yang berlangsung tanggal 3-8 Agustus 2023 tersebut merupakan bentuk kontribusi nyata BI dalam menyediakan uang dalam jumlah cukup dan layak edar khususnya di wilayah 3T.


Wira juga mengungkapkan, pihaknya telah menyediakan modal penukaran uang Rupiah sebanyak Rp3,2 miliar untuk empat pulau tersebut, yang didominasi oleh uang pecahan kecil (UPK).


"Tentu, dalam pelaksanaannya tidak mudah. Ada berbagai tantangan,  mulai dari kondisi geografis, keberagaman tingkat pendidikan hingga penggunaan mata uang asing di beberapa wilayah khususnya perbatasan. Maka, BI bekerjsama dengan TNI AL sebagai elemen bangsa yang menjadi garda terdepat dalam menjaga keutuhan NKRI," kata Wira Kusuma dalam siaran pers yang diterima limakabar.com, Kamis(3/8).


Dijelaskannya pula, implementasi perjanjian kerjsama antara BI dan TNI AL tentang pendistribusian, pengamanan dan pengawalan uang rupiah dari dan ke BI atau perwakilan BI semakin diperluas cakupan wilayahnya.


Selain itu, kolaborasi juga diperluas dengan melibatkan Badan Amil Zakat Nasional (BazNas) dalam melakukan penyaluran Zakat, Infaq dan Shadaqah.


"Kerjasama strategis ini telah terjalin sejak 2012 lalu dan telah berhasil mewujudkan 92 kali kegiatan penukaran uang yang menjangkau sebanyak 480 pulau hingga 2022," kata Wira.


"Pada 2023, akan dilakukan 17 kali kegiatan di 17 provinsi dengan target kunjungan 85 pulau di wilayah 3T. Dan kegiatan hari ini merupakan yang ke 13 setelah sebelumnya dilakukan di Kalimantan Utara," Wira menambahkan.


Masih kata Wira Kusuma. ERB 2023 selain penyedia uang layak edar melalui kas keliling, juga melaksanakan kegiatan lain yaitu Edukasi Cinta Bangga Paham Rupiah, Program Bansos Dedikasi untuk Negeri kepada masyarakat sekitar pulau, siswa dan sekolah maupun rumah ibadah. Dan TNI AL sendiri menggelar program bantuan layanan kesehatan kepada masyarakat setempat.

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)