Puluhan Pelajar Sibolga dan Tapteng Terima Pembekalan Peran dan Fungsi Kejaksaan dan Penegakan Supremasi Hukum

SW25
0
Peserta dan narasumber diabadikan pasca sosialisasi peran dan fungsi Kejaksaan di aula kantor Kejari Sibolga 

Kota Sibolga - Puluhan pelajar SMA sederajat se-Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah, menerima pembekalan terkait peran dan fungsi Kejaksaan dalam menegakkan supremasi hukum di Indonesia.

Kegiatan berbentuk sosialisasi tersebut dilaksanakan di Aula Kejari Sibolga, Jalan Dr. Sutomo, pada Selasa (11/7/2023).

Kejari Sibolga sendiri mengirimkan empat narasumber internalnya yaitu Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara (Kasi Datun), Puryaman Harefa, calon Jaksa Febri Adhiyaksa, Melisa Lanniari Lubis dan Fauzi Bowo.

Sebagai kegiatan pengenalan peran Kejaksaan, secara bergantian narasumber memaparkan tugas pokok dan fungsi Kejaksaan dalam menegakkan supremasi hukum yang dibagi kedalam beberapa bidang, yaitu; bidang pidana umum, pidana khusus, inteligent, bidang umum, perdata dan tata usaha negara serta bidang pembinaan dan pengelolaan barang bukti dan barang rampasan.

Kasidatun Kejari Sibolga, Puryaman Harefa menjelaskan, sosialisasi tersebut dalam rangka Hari Adhiyaksa ke-63 tahun 2023. Ia menjelaskan, dalam rangka memberikan pemahaman akan tugas dan fungsi Kejaksaan kepada masyarakat, Kejari Sibolga memandang perlu memberikan sosialisasi terkait hal itu sejak dini kepada generasi muda.

Ia mengatakan, meskipun usia Kejaksaan di Indonesia telah berusia lebih dari setengah abad, namun masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui peran dan fungsi lembaga yudikatif  tersebut.

"Karena kita ketahui, di masyarakat belum semua mengetahui apa Kejaksaan itu. Jadi perlu kita perkenalkan sejak dini," terangnya.

Masih kata Puryaman Harefa. Melalui sosialisasi tersebut pihaknya berharap generasi muda memiliki pemahaman yang benar terhadap Kejaksaan. Bermodal pemahaman dasar tersebut mereka semakin mencintai institusi ini dan ikut bersama-sama baik langsung maupun tidak langsung untuk mensosialisasikannya.

"Harapan kita, adik-adik kita ini kelak menjadi generasi  bangsa yang baik. Bahkan, jika mereka berkeinginan menjadi jaksa, maka mereka akan menjadi jaksa yang baik pula," pungksanya.

Selain di Aula Kejari Sibolga, kegiatan yang sama juga dilaksanakan di gedung Panca Prima Pandan, Tapanuli Tengah, khusus untuk pelajar tingkat SMP sederajat. Sosialisasi tersebut dibuka oleh Plt. Kejari Sibolga, Gunawan Wisnu Murdiyanto dan diikuti oleh seratusan pelajar SMP se-Kota Sibolga dan Tapanuli Tengah.

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)