Pengelola Tambang Emas Martabe Umumkan Hasil Laboratorium Sungai Batangtoru, Bupati Tapsel "Tidak Berdampak ke Masyarakat"

SW25
0
Bupati Tapanuli Selatan Dolly Pasaribu (berbaju putih) didampingi General Manager Operations PTAR Rahmat Lubis (kiri) menyaksikan pengambilan contoh air (water sampling) di Water Polishing Plant (WPP) PT Agincourt Resources pada 2021. Kegiatan ini dilakukan secara rutin setiap bulan

Batangtoru - Komitmen PT Agincourt Resources, Pengelola Tambang Emas Martabe (TEM) terhadap lingkungan konsisten dilakukan, khususnya dalam 10 tahun terakhir. 

Demikian disampaikan Tim Terpadu Pemantau Kualitas Air Sisa Proses Tambang Emas Martabe, Divisi Evaluasi, Marsius Parulian Nainggolan, di Batangtori, Selasa (30/5/2023).

Marsius mengatakan, komitmen PTAR terhadap lingkungan tersebut salah satunya diwujudkan dalam pemeliharaan kualitas air sungai Batangtoru secara konprehensip dan susstainablity. Sungai Batangtoru sendiri merupakan muara dari sisa air proses PT AR, pengelola TEM

Secara rutin, taraf mutu air sisa proses TEM dipantau oleh tim terpadu yang dilegitimasi oleh Gubsu, yang saat ini dipimpin langsung oleh Bupati Tapsel, Dolly Pasaribu.

Terbaru, pengujian dilakukan terhadap air sisa proses TEM periode triwulan III- IV/2022 dan triwulan I/2023.

"Hasilnya, Sungai Batangtoru dalam kondisi baik serta telah memenuhi baku mutu sesuai dengan aturan yang tertuang dalam KepMen LH Nomor 202 tahun 2004, tentang Baku Mutu Air Limbah bagi Usaha dan atau Kegiatan Pertambangan Bijih Emas dan atau Tembaga, serta PP Nomor 22 Tahun 2021," ujar Marsius.

Hasil uji tersebut pun telah dipresentasikan melalui kegiatan diseminasi dan pengumuman hasil laboratorium air sisa proses TEM pada Selasa (30/5) di Sopo Daganak, Batangtoru, Tapsel.

Tim penguji yang terdiri dari Prof. Zulkarnaen Nasution, M.Sc, Prof. Hamdani Harahap, Dr.Nursahara Pasaribu, MSc, Drs.Chairuddin, M.Sc dan Ir.M.Eka Onwardana, MT tersebut mengapresiasi konsistensi PTAR dalam mempertahankan taraf mutu air sisa proses TEM.

"Kami mengapresiasi upaya PTAR yang terus mempertahankan kualitas air sisa proses untuk tetap memenuhi baku mutu. Upaya ini secara terus-menerus dan sudah  berlangsung lama," ujar Drs.Chairuddin, MSc, salah satu tim penguji dalam presentasinya.

Sementara itu, Bupati Tapsel, Dolly Pasaribu mengatakan komitmen PTAR dalam memelihara kualitas air sungai Batangtoru patut diapresiasi. Proses pemiliharan mutu air sungai tersebut dilakukan secara transparan. 

Kegiatan diseminasi dan pengumuman hasil laboratorium air sisa proses TEM hari itu adalah bentuk tranparansi PTAR dalam mengelola air sisa proses tambang. Dolly pun berharap masyarakat selalu memberikan saran dan masukan atas temuan tim penguji dilapangan khususnya atas apa yang dirasakan kaitannya dengan hasil uji air sisa proses TEM tersebut.

Bupati yang oleh Gubsu ditunjuk sebagai Ketua Tim Terpadu Pemantauan Kualitas Air Sisa Proses TEM ini pun menegaskan bahwa air sisa proses TEM ke Sungai Batangtoru tidak berdampak ke masyarakat.

GM Operations PTAR, Rahmat Lubis dimomen  kegiatan diseminasi hari itu pun mengatakan PTAR terus berupaya memastikan sistem pengelolaan air di TEM melalui proses yang berkualitas, mematuhi izin dan diawasi sangat ketat.

Pengawasan tersebut dalam rangka memastikan agar kualitas air Sungai Batangtoru tidak terdampak oleh pengelolaan air sisa proses TEM. Pengelolaan air secara baik dan benar merupakan satu upaya perusahaan untuk menjalankan kegiatan tambang yang berkelanjutan.

"Kami ingin terus menjaga proses ini, karena bagaimana pun kami yakin kami beroperasi dengan penuh tanggungjawab," pungkasnya.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)