Kali Pertama, Diikuti Ribuan Umat Islam, Korem 023/KS Gelar Sholat Ied

SW25
0
Danrem 023/KS Kol Inf Dody Triwinarto didampingi Walikota Sibolga H.Jamaluddin Pohan serta Forkopimda melepas balon ke udara sebagai wujud suka cita Syawwal sebagai bulan kemenangan

Kota Sibolga - Untuk pertama kalinya, Komando resort militer (Korem) 023 Kawal Samudera menggelar Sholat Idul Fitri di Makorem 023/KS, Jalan Suprapto, Kota Sibolga, pada Sabtu (22/4/2023).

Sholat Ied bertajuk Sholat Idul Fitri bersama Forkopimda tersebut terbuka untuk masyarakat umum dan dihadiri ribuan umat muslim dari Kota Sibolga dan Tapanuli Tengah.

Pelaksanaan sholat Ied di Makorem 023/KS adalah untuk yang pertama kalinya dilaksanakan. Gagasan pelaksanaan sholat Ied tersebut datang dari Danrem 023/KS, Kolonel Inf. Dody Triwinarto.

Menariknya, pelakanaan sholat sunnah di bulan kemenangan pasca puasa Ramadhan tersebut, berlangsung dengan semarak dan dirangkai dengan berbagai kegiatan, diantaranya penyerahan bantuan sembako bagi nelayan dan abang becak oleh Danrem 023/KS Kol Inf Dody Triwinarto serta Forkopimda.

Semarak Idul Fitri ala Korem 023/KS tersebut semakin terasa semarak dengan pelepasan ribuan balon ke udara oleh Danrem 023/KS dan Forkopimda serta sarapan bersama jamaah sholat Ied yang difasilitasi oleh Korem 023/KS.

Bahkan, keluarga besar Korem 023/KS juga menyediakan "THR" bagi ratusan anak-anak yang ikut sholat berjamaah di lapangan Makorem tersebut.

Walikota Sibolga H.Jamaluddin Pohan sendiri mengapresiasi gebrakan yang digagas oleh Danrem 023/KS tersebut. Menurutnya, apa yang dilakukan oleh Korem 023/KS patut dilanjutkan ditahun-tahun mendatang dan menjadi sebuah tradisi baru di Kota Sibolga, khususnya di jajaran Korem 023/KS

"Hari ini, Pak Danrem membuat sebuah gebrakan baru dengan melaksanakannya di sini (makorem 023/KS), ini tentu sangat baik sekali, dan kiranya dapat dilanjutkan di tahun-tahun berikutnya," ujar Walikota Sibolga pada saat didaulat menyampaikan sambutan.

Sementara itu, Rizki (31) warga Pandan yang memilih sholat di Makorem 023/KS mengaku mengetahui bahwa Korem 023/KS menggelar sholat Ied dari spanduk yang dipasang disejumlah tempat. Rizki mengatakan dirinya biasanya sholat hari raya di lapangan Simare-mare Sibolga. Namun, karena ingin merasakan suasana baru, ia memutuskan sholat di Makorem 023/KS

"Pingin ada suasana baru aja sih Bang. Tapi, tadi memang cukup semarak. Suasana lebarannya sangat terasa," katanya.

"Mudah-mudahan, tahun depan bisa tetap dilaksanakan disini," sarannya.

Sementara itu, Danrem 023/KS melalui Kapenrem Mayor Inf Keles mengatakan mengapresiasi baiknya sambutan pemerintah dan warga atas pelaksanaan sholat Idul Fitri di Makorem 023/KS tersebut.

Terkait saran Walikota Sibolga agar pelaksanaan sholat Ied di Makorem 023/KS tersebut menjadi sebuah tradisi yang rutin dilaksanakan setiap tahun, Keles mengatakan Korem 023/KS senantiasa berupaya memberikan yang terbaik bagi masyarakat tidak hanya di Sibolga dan Tapteng tetapi juga di wilayah sejajaran Korem 023/KS.

"Secara prinsip, Korem 023/KS tentunya siap menjadi tempat pelaksanaan sholat Ied ditahun-tahun yang akan datang," katanya.

Namun, lanjut Keles. Korem 023/KS juga siap bilamana tempat pelaksanaannya pun digilir secara bergantian.

"Jadi kalau tahun ini di Korem, tahun depan mungkin Polres sebagai tuan rumahnya, atau Kodim atau juga Pemko Sibolga. Prinsipnya mana yang terbaik tentu Korem 023/KS akan mendukungnya," pungkasnya.

Amatan limakabar.com, pelaksanaan sholat Ied di Makorem 023/KS tersebut selain dihadiri Danrem 023/KS Kol Inf Dody Triwinarto, Walikota Sibolga H.Jamaluddin Pohan dan ribuan umat Islam dari Kota Sibolga dan Tapanuli Tengah, sejumlah tokoh dan mantan pejabat asal Kota Sibolga dan Tapteng juga terlihat hadir diantaranya, mantan Sekda Provinsi Sumut H.Afifi Lubis, mantan Kepala Biro Pers Kepresidenan Brigjend TNI (Purn) H. Albiner Sitompul, mantan ketua DPRD Kota Sibolga, Sahlul Umur Situmeang, wakil ketua DPRD Kota Sibolga Jamil Zeb Tumori, Kapolres Sibolga AKBP Taryono Raharja, Dandim O23/KS, Dansatradar 234 serta sejumlah pimpinan OPD dan intansi lainnya.
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)