Pertama di Sumut, Penyandang Disabilitas di Tapteng Terima Bantuan Ranmor Roda Tiga Untuk Usaha

0
Delmeria dan M.Syarfi Hutauruk bersama-sama dengan Kemensos RI menyerahkan bantuan kendaraan bermotor bagi penyandang disabilitas di Tapanuli Tengah

Pandan, Tapteng - Bantuan bagi disabilitas dan lansia senilai Rp253.384.146 dikucurkan di Kabupaten Tapanuli Tengah. Bantuan tersebut disalurkan oleh anggota Komisi VIII DPR RI, Hj. Delmeria Sikumbang bekerjasama dengan Kementerian Sosial RI, di Komplek Kantor MUI, Jln. KH.Zainul Arifin, Kabupaten Tapanuli Tengah, pada Sabtu (18/3/2023).

 Selain di Pandan, bantuan berupa kursi roda, alat bantu baca, alat bantu berdiri/berjalan (tongkat), sembako dan kendaraan roda tiga (VIAR) untuk usaha penyandang disabilitas disertai uang tunai tersebut juga disalurkan disejumlah tempat lainnya yaitu; untuk warga Desa Unte Mungkur Kecamatan Kolang, Kelurahan Sorkam, di Kecamatan Sorkam.

Delmeria mengatakan, khusus bantuan kendaraan roda tiga untuk wirausaha penyandang disabilitas, Kabupaten Tapanuli Tengah mendapatkan sebanyak 4 unit. Jumlah itu meningkat bila dibandingkan dengan penyaluran kendaraan yang sama sebanyak 1 unit di tahun 2021. Selain itu, tak banyak daerah yang mendapatkan bantuan kendaraan roda tiga tersebut karena unit yang terbatas.

"Alhamdulillah, Tapanuli Tengah bisa dapat 4 unit. Dan untuk di Sumatera Utara, kita yang pertama mendapatkannya. Kendaraan roda tiga ini akan diserahterimakan di dua tempat, yaitu di Pandan dan di Sorkam" jelas Delmeria.

Bantuan-bantuan tersebut, lanjut Delmeria. Tidak datang tiba-tiba ke Tapanuli Tengah. Ada proses administrasi dan komunikasi yang dilakukan oleh Delmeria dan Kementerian Sosial RI. Istri mantan Walikota Sibolga M.Syarfi Hutauruk ini mengaku bahwa dirinya disetiap kesempatan selalu berdiskusi dengan Menteri Sosial RI Tri Rismaharini, terkait kampung halamannya Sibolga/Tapteng, yang membutuhkan perhatian pemerintah pusat. 

Didampingi mantan Walikota Sibolga M.Syarfi Hutauruk dan perwakilan dari Kemensos RI, Delmeria menyalurkan bantuan bagi lansia dan disabilitas di Tapanuli Tengah

Sibolga dan Tapanuli Tengah, mayoritas masyarakatnya berprofesi sebagai petani dan nelayan. Profesi tersebut menjadikan masyarakatnya rentan terhadap kemiskinan bahkan miskin ekstrim. Dari komunikasi yang baik tersebut, Sibolga dan Tapteng menjadi dua daerah yang menjadi prioritas Kemensos untuk diberikan bantuan.

"Ibu Menteri ini terbuka orangnya. Saya sampaikan ke beliau bahwa Sibolga dan Tapteng ini masyarakatnya rentan terhadap kemiskinan bahkan miskin ekstrim. Bantuan Kemensos hendaknya tidak ke daerah lain saja, Tapteng juga butuh perhatian pemerintah. Dan alhamdulillah, sejak saya mendapat amanah sebagai anggota DPR RI, tanggungjawab itu saya jalankan dengan baik. Dan berkat doa bapak dan ibu semua, saudara-saudara kita di Sibolga dan Tapteng ini sering mendapat bantuan pemerintah, termasuk bapak dan ibu yang hadir hari ini," jelasnya.

Delmeria berharap bantuan tersebut bermanfaat dan dapat meningkatkan kesejahteraan para penerimanya. Khusus bagi penyandang disabilitas yang menerima bantuan kendaraan bermotor roda tiga untuk berusaha, agar tetap tekun dan tidak menjadikan kekurangan yang ada sebagai penghalang untuk berhasil dibidang apa pun.

"Bagi yang menerima kendaraan roda tiga, manfaatkan bantuan tersebut untuk meningkatkan usahanya, meningkatkan kesejahteraannya. Dan jangan pernah berhenti berusaha karena merasa berbeda dengan yang lain. Kita semua  sama. Kita harus saling dukung," ucapnya.

Sebelumnya, Delmeria didampingi M.Syarfi Hutauruk dan sejumlah tenaga ahli "blusukan" di Kabupaten Tapanuli Tengah. Rombongan memulai perjalanannya dari Kecamatan Lumut dengan mengunjungi Pondok Pesantren Al Mukhlisin untuk meninjau progres pembangunan asrama putri yang mulai dibangun sejak akhir tahun 2022 lalu. 

Dari pesantren ini, Delmeria bertolak mengunjungi sejumlah desa dan kelurahan di Kecamatan Badiri dan Kecamatan Pandan untuk meninjau realisasi bantuan Rumah Sejahtera Terpadu (RTS). Desa dan kelurahan yang didatangi Delmeria tersebut yaitu Desa Aek Horsik, Kecamatan Badiri, Kelurahan Muara Nibung dan Kelurahan Hajoran di Kecamatan Pandan serta Desa Sihapas di Kecamatan Sorkam.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)