Pengurus MUI Kota Sibolga Dikukuhkan, Jamaluddin Pohan Ajak MUI Ciptakan Ketentraman Umat

SW25
0

Dewan Pimpinan MUI Kota Sibolga masa khidmad 2022-2027 di kukuhkan oleh DP MUI Provinsi Sumut di Graha Aulia Bank Indonesia Sibolga

Kota Sibolga -  Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (DP MUI) Kota Sibolga, periode 2022-2027 secara resmi dikukuhkan oleh DP MUI Provinsi Sumatera Utara di Graha Aulia Bank Indonesia Sibolga, pada Sabtu (28/1/2023).

DP MUI Kota Sibolga yang terdiri dari 19 orang tersebut diketuai oleh H. Zainun Sinaga dengan sekretaris Zainal Fanani, S.PdI. Rangkaian pengukuhan tersebut diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur'an oleh al-ustadz Ibnu Tasnim yang dirangkai dengan menyanyikan  bersama lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Pengukuhan sendiri dilakukan Ketua Bidang Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan DP MUI Sumut, Prof.Dr. Fachruddin Azmi, MA, yang diawali dengan pembacaan surat keputusan DP MUI Sumut yang disampaikan oleh Sekretaris Umum DP MUI Sumut, Prof. Dr. H. Asmuni, MA.

Ketua panitia pengukuhan DP MUI Kota Sibolga, Zainal Fanani pada kesempatan sambutannya mengatakan kepengurusan DP MUI yang dilantik hari itu merupakan hasil MUSDA ke-6 DP MUI Kota Sibolga yang digelar pada tanggal 5 Desember 2022 lalu. 

Pengukuhan sendiri dilaksanakan sebagai penjabaran pedoman dasar dan pedoman rumah tangga MUI serta merupakan bagian dari program kerja. Melalui pengukuhan tersebut diharapkan syiar kepengurusan MUI Kota Sibolga tersosialisasi dan tersampaikan kepada masyarakat dan pemerintah Kota Sibolga.

"Atas nama seluruh panitia kami mengucapkan terimakasih kepada Walikota Sibolga, Bapak Jamaluddin Pohan. Atas dukungan penuh dari beliau, pengukuhan ini dapat terlaksana sebagaimana yang direncanakan," ucap Zainal Fanani.

Ketua DP MUI Kota Sibolga maka khidmad 2022-2027, H. Zainun Sinaga dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas dukunga Pemkot Sibolga dan Bank Indonesia Sibolga terhadap penyelenggaraan pengukuhan tersebut.

H. Zainun Sinaga mengatakan, dalam rangka mewujudkan DP MUI yang baru di segala aspek, MUI dan Pemkot Sibolga harus membangun sinergitas yang kuat. Tanpa kerjasama yang baik, mustahil apa yang menjadi cita-cita DP MUI Kota Sibolga dapat terwujud.

MUI sebagaimana dikatakan H.Zainun Sinaga hadir untuk berkolaborasi dengan pemerintah kota Sibolga dalam rangka mendukung program pemerintah menuju Kota Sibolga yang madani. 

Kesatuan langkah antara pemerintah dengan MUI dalam mensukseskan visi misi Walikota Sibolga menuju Sibolga sehat, pintar dan makmur akan bermuara pada terciptanya tatanan masyarakat yang madani.

"Oleh karena itu, bersama tadi telah kita saksikan sebanyak 19 orang pengurus harian MUI Kota Sibolga telah dikukuhkan. Kami menyampaikan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan. Ini merupakan amanah yang berat. Namun karena kita sudah sejalan, beban berat tersebut akan terasa ringan," katanya.

Sebagai ketua MUI yang baru, H.Zainun Sinaga pun berharap seluruh kepengurusan DP MUI Kota Sibolga tetap kompak dan maksimal dalam menjalankan fungsi dan tanggungjawabnya sebagai pengurus MUI Kota Sibolga.

"Kawan-kawan pengurus yang baru dilantik tadi, mari kita kompak dan bekerjasama. Rajin-rajin datang ke kantor," ajak H. Zainun Sinaga setengah bercanda.

Sementara itu, Walikota Sibolga H. Jamaluddin Pohan dalam arahan dan bimbingannya menyambut baik dikukuhkannya kepengurusan DP MUI Kota Sibolga dibawah kepemimpinan H. Zainun Sinaga tersebut. Tokoh yang akrab disapa Jamal ini mengajak MUI agar dapat menciptakan ketentraman di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat.

Jamal berharap, MUI kedepan dapat melahirkan fatwa-fatwa yang mengikat seluruh masyarakat termasuk pengurus MUI itu sendiri. Fatwa sejatinya di tetapkan berdasarkan tuntutan yang telah diatur dalam Islam, bukan karena faktor suka atau tidak suka.

"Fungsi MUI itu (salah satunya) untuk menentramkan umat, mempersatukan umat, walau pun (mereka) salah, kita harus membina mereka, tidak bisa menyingkirkan mereka. Karena semakin disingkirkan, semakin membahayakan," kata Jamaluddin.

Selain itu, Jamal berharap MUI dapat mengambil peran dan menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat khususnya orangtua dalam mendidik anak agar lebih memiliki pola hidup yang teratur dan berakhlaqul karimah.

Belakangan ini, banyak orangtua yang abai terhadap kesibukan anak diluar rumah, sehingga pada jam-jam tertentu khususnya diwaktu-waktu ibadah sholat, anak banyak berkeliaran diluar yang memberi kesan jauh dari nilai-nilai agama. Melalui MUI, ketua DPD Partai NasDem Kota Sibolga ini berharap, MUI dapat mengeluarkan sebuah regulasi agar persoalan tersebut dapat teratasi.

"Saya sangat risau. Maghrib anak-anak tidak ada yang masuk rumah. Masih berkeliaran di luar. Kalau kita ingat dulu sampai sekarang, kita masih patuh kepada orangtua, kepada lingkungan. (Dulu) orangtua risau kalau anaknya di luar saat maghrib," ucapnya.

Jamal berharap MUI bisa menemukan sebuah formula yang tepat agar pesan terkait pentingnya peran orangtua dalam mengontrol perilaku anak dapat tersampaikan kepada masyarakat.

Hadir pada pengukuhan DP MUI Kota Sibolga ini diantaranya Walikota Sibolga H. Jamaluddin Pohan, Sekretaris Umum DP MUI Sumut, Prof.Dr.H. Asmuni, MA, Ketua Bidang Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan DP MUI Sumut, Prof.Dr. Fachruddin Azmi, MA, Kepala KPw Bank Indonesia Sibolga Yuliansah Andrias, Sekda M. Yusuf Batubara, Staf Ahli Yasman Batubara, Kakankemenag Sibolga Bahrum Saleh, Forkopimda, Pimpinan Ormas dan Islam, ketua organisasi kepemudaan Islam serta Badan Kesejahteraan Masjid se-Kota Sibolga.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)