Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Ajang Silaturrahmi Alumni Darur Rachmad Sibolga Lahirkan Panitia MUBES III MIPA Tahun 2023

Kepala MTs dan Kepala MA Perguruan Thawalib Darur Rachmad Sibolga diabadikan bersama perwakilan alumni sesaat setelah ajang silaturrahmi digelar di perguruan Islam favorit di Sibolga tersebut

Kota Sibolga - Dalam rangka meningkatkan soliditas dan eksistensi alumni MTs/MA Perguruan Thawalib Darur Rachmad (PThDR) Sibolga dimasa yang akan datang, belasan alumni madrasah tersebut menggelar ajang silaturrahmi sesama lulusan Perguruan Thawalib Darur Rachmad Sibolga dengan kepala MTs dan MA, di komplek PTh-DR Sibolga, pada Sabtu sore (21/01/02023)

Pertemuan tersebut dihadiri oleh Kepala MTs, Amir Mahmud Hasibuan, Kepala MA, Sandi Irawan serta 17 orang perwakilan alumni dari 25 angkatan yang telah berhasil di luluskan oleh madrasah tersebut hingga saat ini.

Ketua Panitia ajang silaturrahmi alumni tersebut, Chairul Amin Simamora kepada media menjelaskan bahwa silaturrahmi alumni tersebut terlaksana atas usul dan saran dari sejumlah alumni Perguruan Thawalib Darur Rachmad Sibolga. Usulan tersebut disampaikan kepada Kepala MTS dan MA Perguruan Thawalib Darur Rachmad dan langsung ditindaklanjuti dengan mengundang sejumlah lulusan Darur Rachmad Sibolga sebagai refresentasi dari alumni itu sendiri.

"Kita undang seluruh perwakilan alumni perangkatannya dan alhamdulillah, 17 dari 25 angakatan yang ada menghadirinya," kata Amin.

Amin menerangkan. Tujuan utama dari silaturrahmi tersebut adalah untuk menyatukan kembali semangat dan persepsi alumni Darur Rachmad dalam melanjutkan apa yang telah dimulai para alumni generasi pertama pada tahun 2002 lalu. Pada saat itu, lanjut Amin. Untuk pertama kalinya digelar Musyawarah Besar (MUBES) Alumni Perguruan Thawalib Darur Rachmad Sibolga di Sibolga.

"Dari MUBES itu, terbentuklah wadah berhimpun alumni Perguruan Thawalib Darur Rachmad yang diberi nama Majelis Ikatan Persaudaraan Alumni atau MIPA," beber Amin.

"Seiring berjalannya waktu, hingga saat ini MIPA telah menyelenggarakan MUBES sebanyak 2 kali," tambahnya seraya menjelaskan bahwa MUBES adalah ajang pemilihan ketua dan pengurus Majelis Ikatan Persaudaraan Alumni untuk masa bakti selama 5 tahun.

Masih kata Chairul Amin. Seiring berjalannya waktu, roda organisasi MIPA mengalami pasang surut dan kevakuman beberapa tahun.

"Dan pada tahun 2023 ini, berdasarkan kesepakatan kawan-kawan dari perwakilan angkatan yang hadir, telah diputuskan bersama akan kembali dilaksanakan MUBES III MIPA Tahun 2023 yang untuk pelaksanaannya akan ditentukan dalam waktu dekat ini," ungkapnya.

Amin pun menguraikan, selain kesepakatan dilaksanakannya MUBES III MIPA Tahun 2023, ajang silaturrahmi tersebut juga berhasil membentuk kepanitiaan MUBES yang diketuai oleh Putra dan sekretaris Arya Wirawan.

"Alhamdulillah tadi langsung kita bentuk panitianya. Dan untuk teknis selanjutnya tentunya sepenuhnya kita serahkan kepada panitia," pungkasnya.

Sementara itu, ketua panitia MUBES III MIPA Tahun 2023, Putra, kepada awak media menjelaskan bahwa secara teknis panitia akan melaksanakan rapat secepatnya dalam rangka menyusun pedoman pelaksanaan MUBES termasuk menentukan hari-H pelaksanannya. Selain itu, panitia juga akan melakukan koordinasi dan komunikasi dengan sejumlah alumni lainnya sehingga seluruh alumni Perguruan Thawalib Darur Rachmad Sibolga baik secara pribadi maupun keterwakilan angkatan dapat dijangkau.

"Tentu ini bukan tugas mudah, tapi insya Allah, dengan dukungan semua kawan-kawan alumni, hajatan MUBES kita tahun ini bisa kita laksanakan," katanya.

Putra menguraikan, hingga tahun 2022, jumlah alumni Perguruan Thawalib Darur Rachmad Sibolga mencapai 12000 orang. Alumni tersebut tersebar di seluruh wilayah Indonesia dengan latar belakang profesi yang berbeda. Panitia akan berupaya maksimal agar gaung MUBES III ini terdengar hingga ke seluruh alumni walaupun mungkin tidak seluruhnya dapat menghadirinya.

"Kita butuh dukungan semua alumni baik langsung maupun tidak langsung. Dan kami berkeyakinan, didukung oleh perkembangan teknologi yang ada informasi rencana pelaksanaan MUBES ini akan sampai kepada seluruh alumni," kata Putra.

Pihak madrasah sendiri mendukung sepenuhnya rencana pelaksanaan MUBES III MIPA Tahun 2023 tersebut. Kepala MTs Perguruan Thawalib Darur Rachmad Sibolga Amir Mahmud Hasibuan didampingi Kepala MA Sandi Irawan dari perguruan yang sama, mengapresiasi semangat alumni untuk kembali mengaktifkan organisasi alumni yang telah vakum beberapa tahun terakhir.

Aktifnya organisasi alumni tersebut nantinya tentunya akan memberi konstribusi positif bagi madrasah baik langsung maupun tidak langsung. Mahmud menjelaskan, salah satu pilar penting dalam pengembangan kualitas pendidikan di sekolah adalah peran alumni. Jika secara struktural organisasi alumni tersebut kembali aktif dan berjalan, maka pihak pertama yang menerima dampak positifnya adalah sekolah.

"Ini adalah hal yang sangat positif dan sebetulnya telah lama kami harapkan. Maka, tentu semangat para alumni untuk kembali berkiprah akan disambut baik oleh madrasah. Kami akan support dan siap membantu serta menfasilitasi agar MUBES ke-3 ini bisa terlaksana dengan baik," pungkasnya.

Posting Komentar

0 Komentar