Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Jelang Musim Haji 2022, Kemenag dan Imigrasi Sibolga Sosialisasikan Layanan M-Paspor

Kantor Imigrasi Sibolga paparkan mekanisme penggunaan aplikasi M-Paspor bagi calon jamaah haji Kota Sibolga pada sosialisasi yang dilaksanakan di aula kantor Kemenag Kota Sibolga.

Sibolga | Menjelang pelaksanaan ibadah haji tahun 1443H/2022M, Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Sibolga bekerjasama dengan Kantor Imigrasi Sibolga melaksanakan sosialisasi M-Paspor bagi calon haji Kota Sibolga di Aula Kankemenag Jl Tongkol, pada Rabu (16/3/2022)

Sosialisasi ini dibuka oleh Kepala Kankemenag Kota Sibolga H..Bahrum Saleh dan diikuti oleh 44 orang calon jamaah haji asal Kota Sibolga yang dijadwalkan berangkat musim haji tahun ini.

Kakan Kemenag Kota Sibolga, H..Bahrum Saleh kepada media mengatakan Sosialisasi layanan M-Paspor bagi calon jamaah haji Kota Sibolga merupakan terobosan briliant yang digagas oleh kantor Imigrasi Sibolga. 

Melalui layanan M-Paspor ini, jamaah haji diedukasi agar melek terhadap perkembangan teknologi informasi (TI) dewasa ini. M-Paspor memberikan kemudahan bagi calon jamaah haji dalam mengurus paspor tanpa harus berlama-lama menunggu giliran dilayani di kantor Imigrasi.

"Apalagi umumnya calon jemaah haji ini sudah berusia lanjut. Maka sudah barang tentu sangat terbantu dalam hal efesiensi waktu dan tenaga," kata Bahrum.

Disamping itu lanjut Bahrum. Meskipun masih panjang waktu yang dibutuhkan dalam mengurus seluruh dokumen keimigrasian, sosialisasi ini menjadi langkah awal agar jauh hari calon jamaah haji sudah mampu menggunakan layanan M-Paspor dengan benar dan tidak gagap teknologi atau gaptek.

"Maka dari itu, kami sangat berterimakasih kepada Kantor Imigrasi Sibolga atas kerjasama dan kolaborasi yang sudah berjalan dengan baik selama ini. Dan mari kita berdoa agar musim haji tahun ini bisa terlaksana," ungkapnya.

Sementara itu Kepala Kantor Imigrasi Sibolga Saroha Manullang yang diwakili oleh Kasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Edy Ginting mengatakan saat ini melalui aplikasi M-Paspor, pengurusan paspor semakin mudah. Warga dapat dengan mudah mengetahui syarat, tahapan dalam pendaftaran dan biaya yang dibutuhkan pada saat mengurus paspor.

Yang menarik lagi adalah pemohon dapat menentukan sendiri hari, jam dan di kantor Imigrasi mana yang bersangkutan hendak dilayani. Nantinya pemohon tidak perlu lagi bolak balik kantor Imigrasi hanya karena ingin melengkapi persyaratan. Termasuk pemohon tidak perlu lagi antri begitu lama karena semua sudah terjadwal sesuai aplikasi.

Calon pemohon cukup menginstal aplikasi M-Paspor melalui aplikasi playstore dan mengikuti petunjuk yang sudah tertera di aplikasi. Dan berdasarkan pengalaman warga yang sudah menggunakan aplikasi ini, tidak ditemukan kesulitan yang berarti.

"Jadi, sebenarnya menjadi lebih mudah dan sangat membantu," jelas Edy Ginting.

Masih kata Edy. Layanan M-Paspor ini merupakan bentuk komitmen Kantor Imigrasi Sibolga dalam meningkatkan pelayanannya terhadap masyarakat termasuk upaya memutus mata rantai percaloan dan pungli di Kantor Imigrasi Sibolga.

Amatan limakabar.com selama sosialisasi, calon jamaah haji yang umumnya berusia lanjut ini diberi pemahaman dan praktek langsung dalam mengunduh dan menginstal aplikasi M-Paspor si Handphone masing-masing. Tidak terlihat jamaah haji kesulitan dalam menggunakannya. 

Bertindak sebagai narasumber pada sosialisasi ini Kepala Sub Seksi Perizinan Keimigrasian Wawan Setiawan dan Analis Keimigrasian Muda, Anton Sinuraya.(SW25)

Posting Komentar

0 Komentar