Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Diikuti Ratusan Siswa TK/PAUD, IGRA Kab.Tapteng Gelar Manasik Haji

Kasi Pendis Kemenag Kab. Tapteng Syamsul Simanjuntak didampingi panitia, pengurus IGRA Tapteng dan Kepala MAN 3 pandan melepas peserta manasik haji TK/PAUD Raudhatul Athfal pokja 2 Tahun 2022 yang dipusatkan di MAN 3 Jl Kh.Zainul Arifin Pandan, Kab.Tapteng.

Pandan | Ratusan siswa yang beraaal dari 12 Taman Kanak-Kanak (TK) dan 1 PAUD di Tapanuli Tengah (Tapteng) mengikuti manasik haji akbar yang di gelar di komplek MAN 3 pandan, Jl KH.Zainul Arifin, pada Sabtu pagi (19/3/2022).

Manasik haji TK/PAUD ini dilaksanakan oleh Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) kabupaten Tapanuli Tengah dan dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab.Tapteng yang diwakili oleh Kepala Seksi Pendidikan Islam (Kasi Pendis) Syamsul Simanjuntak, S.Ag.

Katua IGRA Kab.Tapteng, Nur Bawani Hutagalung disela-sela pelaksanaan manasik haji ini mengatakan bahwa manasik haji bagi TK/PAUD ini rutin dilaksanakan setiap tahun. Hanya saja, karena pandemi Covid-19, kegiatan ini sempat terhenti mulai tahun 2019 sampai tahun 2021. Dan pada tahun 2022, untuk pertama kalinya kegiatan pun kembali dilaksanakan dengan konsep yang berbeda.

Perbedaan itu terlihat pada sistem pelaksanaannya yang dibagi berdasarkan kelompok kerja (pokja) untuk menghindari kerumunan massa. Setidaknya ada tiga pokja yang dibentuk berdasarkan sebaran kecamatan se-kab.Tapteng. Dan pokja yang melaksanakan manasik haji hari ini adalah Pokja 2 meliputi kecamatan Pandan, Kecamatan Tapian Nauli dan Kecamatan Sarudik.

Ratusan siswa TK/PAUD Raudhatul Athfal Kab.Tapteng ikuti manasik haji yang dilaksanakan Pokja 2 IGRA Kab. Tapteng tahun 2022

Penyelenggaraan dengan sistem Pokja ini semakin mempermudah kerja panitia,. Jumlah pesertanya pun tidak begitu banyak sehingga dapat meminimalisir dampak dari kerumunan," katanya.

Masih kata Nur Bawani. Pada pelaksanaannya pun tetap berpedoman pada penerapan protokol kesehatan yang ketat. Prokes ketat ini berlaku bagi guru, peserta, dan orangtua yang hadir.

Sementara itu Ketua Pokja 2 IGRA Kab.Tapteng, Rosnaini menjelaskan bahwa manasik haji TK/PAUD Raudhatul Athfal ini merupakan bagian dari ekstra kokurikuler (ekskul) yang wajib dilaksanakan. Melalui ekskul tersebut, peserta didik diperkenalkan rukun haji yang ke-5 bagi umat Islam. Bukan sebatas memperkenalkan, tetapi juga mempraktekkan tata cara pelaksanaan ibadah haji mulai dari syarat, rukun dan amalan-amalan sunnat haji.

Ratusan siswa TK/PAUD Raudhatul Athfal dilatar belakangi tiruan ka'bah bersiap mempraktekkan ritual haji

Guru-guru yang terlibat pada manasik haji ini pun sebelumnya telah mengikuti pelatihan tata cara pelaksanaan ibadah haji yang diselenggarakan oleh IGRA Tapteng. Sehingga pada pelaksanaannya benar-benar telah sesuai dengan syariat islam.

"Begitu pun, pada pelaksanaannya, manasik haji untuk anak-anak TK/PAUD ini tetap disesuaikan dengan usia dan fisik peserta didik. Meskipun demikian tetap dibarengi dengan pemberian pemahaman tata cara yang sebenarnya," jelasnya.

Amatan limakabar.com Manasik haji TK/PAUD Raudhatul Athfal Kab.Tapteng ini berjalan semarak dan lancar. Anak-anak berdasarkan kelompoknya mempraktekkan ritual ibadah haji ini mulai dari niat, ihram, wukuf dipadang Arafah, melontar jumrah, thawaf keliling miniatur Ka'bah, sa'i, tahallul dan dilaksanakan secara berurutan dan tertib.(SW25)

Posting Komentar

0 Komentar