Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

BI Sibolga Dorong UMKM Go Internasional

Kepala KPw Bank Indonesia Sibolga Aswin Kosotali bersama Sekda Kota Sibolga M.Yusuf Batubara dan Sekda Kab. Tapteng Yetty Sembiring pamer produk UMKM pasca peresmian GBBI di Sibolga

Sibolga - Dalam rangka mendukung upaya optimalisasi pengembangan UMKM diera digital, Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Sibolga melakukan lounching Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) pada Rabu (2/3/2022) di Yenny Sopoholong, Jl Dr. Fl. Tobing Sibolga.

Lounching GBBI bertajuk UMKM Level Up (UMKM naik kelas-red) tersebut diresmikan oleh Kepala KPw Bank Indonesia Aswin Kosotali dan dibarengi dengan peresmian berbagai kegiatan pendukung lainnya meliputi peluncuran program Push Rank UMKM 2022, seminar dan talkshow, showcasing UMKM, dan juga berbagai lomba yakni, lomba Baprokal (Bangga Produk Lokal), Kurasi Produk GBBI, dan Reels Instagram QRIS Digital Payment berhadiah total puluhan juta rupiah.

Kepala KPw Bank Indonesia, Aswin Kosotali kepada media menjelaskan bahwa GBBI merupakan flagship program pemerintah yang sejalan dengan Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia (GBWI) yang sudah lebih dahulu diluncurkan oleh pemerintah.

Melalui GBBI ini, pelaku UMKM diera digital saat ini didorong semakin meningkatkan kapasitas, business matching serta implementasi QRIS dalam transaksi usahanya.

Pada tahun 2021, sebanyak 14 juta UMKM telah terlibat langsung dalam mengimplementasikan QRIS dalam bertransaksi dan berhasil mencatatkan nominal business matching mencapai angka Rp388 milyar.

Selain UMKM, BI Sibolga juga turut mendorong peran dari pelaku ekonomi kreatif untuk tumbuh sebagai arus baru peningkatan perekonomian.

Program ini dimaksudkan untuk melahirkan UMKM unggulan di wilayah kerja BI Sibolga, UMKM yang mampu berkompetisi tidak hanya di level daerah, tetapi di level nasional bahkan dunia internasional.

“Kita berharap, kegiatan ini menjadi pemicu atau trigger pada segenap instansi atau lembaga, baik vertikal maupun horizontal, untuk menguatkan koordinasi dan membangun kemitraan untuk mengembangkan UMKM di Sibolga dan Tapteng,” ungkapnya.

Bank Indonesia hanya salah satu bagian dari komponen yang terlibat dalam upaya mendukung UMKM naik kelas. Upaya ini tentunya dapat berjalan dengan optimal ketika terdapat suatu kerja sama, dan sinergi di antara lembaga.

Bank Indonesia terus bertekad untuk membangun serta membuka pintu kerja sama lebih lanjut dengan pemerintah daerah di wilayah kerja, sebagai bentuk komitmen pengembangan UMKM, mendukung GBBI dan GBWI.

Secara nasional Bank Indonesia memberi support penuh terhadap GBBI. Pada Februari 2022, BI ditunjuk sebagai movement manager yang berkolaborasi bersama pemerintah dan Kementerian/Lembaga terkait.

hadir pada kegiatan ini Walikota Sibolga yang diwakili oleh Sekda M.Yusuf Batubara, Ketua TP-PKK Kota Sibolga Ny.Farida Hanum Jamaludin Pohan, Sekda Kab.Tapteng Yetti Sembiring serta pelaku UMKM dan industri kreatif sewilayah kerja KPw Bank Indonesia Sibolga.

Posting Komentar

0 Komentar