Pramuka SDN Karangturi Ikuti Festival Keterampilan Pramuka Inovatif Jateng

Redaksi
0

Banyumas | Barung Biru SDN Karangturi Kwarran Sumbang menjadi salah satu utusan Kwartir Cabang (Kwarcab) Banyumas untuk mengikuti Festival Keterampilan Pramuka Inovatif Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah atau Central Java Scout Festival yang digelar secara virtual tanggal 7-10/10/2021. 

Barung Biru ini menjadi Wakil Banyumas setelah menjadi juara pada lomba yang sama ditingkat Kwarcab.

Pembina Pramuka SDN Karangturi Kurniawan Dwi Hartanto mengatakan Barung Biru dari pangkalanya beranggotakan delapan Pramuka Siaga masing-masing Ahmad Zam Zam Fitriyanto, Arya Akbari, Wildanul Azkia, Achmad Zidny Ilham Nafi, Ahmad Fadhilan Zakiri, Fadhil Fatur Rosyadi, Muhammad Emhran dan M Sirajudin Faqih. Mereka terbagi dalam dua kelompok yaitu untuk lomba hasta karya dan pioneering tiang bendera.

"Pangkalan kami tampil pada hari Sabtu, 9 Oktober 2021 kemarin,” katanya Minggu (10/10/2021).

Kurniawan menjelaskan bahwa untuk menyiapkan timnya, atas arahan dan bimbingan dari Kepala Sekolah Taryono, S.Pd selain melakukan latihan rutin juga ada latihan khusus. Menurutnya untuk lomba tingkat Kwarcab timnya berlatih khusus selama dua minggu, waktu yang sama untuk lomba ditingkat Kwarda ini.

"Dalam pelatihan Tim pionering yang beranggotakan Emran, Faqih, Zidney, Wildan, Arya dan Fadlan didampingi Pembina Kurniawan Dwi Hartanto, S.Pd. M.Pd, Ahmad Baskoro, S.Pd dan Wastiyati, S.Pd. Sedangkan Tim hasta Karya yang beranggotakan Fadhil dan Zamzam didampingi pelatih Dewi Kartika Wahyuningsih,A.Ma.Pd, Deanty Wahyu Latifah, S.Pd, Tofik Diliyanto, S.Pd dan Umi Fauziyah, S.Pd," jelasnya.

Disinggung target, Kurniawan mengakui pasti ingin menjadi yang terbaik. Namun itu bukan tujuan utama, karena Pramuka adalah pelatihan dan pendidikan untuk generasi muda agar memiliki karakter dan pribadi yang baik sebagai bekal untuk Nanda-nanda kedepannya.

"Kita hanya SD kecil siswa keseluruhan hanya 138. Menjadi juara di tingkat Kwarcab saja sudah sangat bersyukur. Tapi ini masih diberi hadiah untuk mewakili Kwarcab Banyumas, ditingkat Kwarda Jawa Tengah," pungkasnya. (Eka)

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)