Kejari Sibolga Musnahkan 1.492 Lembar Uang Palsu Pecahan 100 Ribu

SW25
0
Kejari Sibolga Syaifful AlamYuliastana memusnahkan ribuan lembar uang palsu hasil kejahatan periode Juni-Agustus 2023.

KOTA SIBOLGA - Kejaksaan Negeri (Kejari) Sibolga memusnahkan barang bukti berupa 1.492 lembar uang palsu pecahan 100 ribu, di halaman Kantor Kejari Sibolga, Jalan Dr.Sutomo, pada Jumat (1/12/2023).

Pemusnahan dilakukan setelah memperoleh kekuatan hukum tetap (Inkracht) atas perkara periode bulan Juni - Agustus 2023. Ribuan lembar uang palsu tersebut dimusnahkan dengan cara dibakar.

Kejari Sibolga, Syaifful Alam Yuliastana didampingi Kasi Intelijen, Mohammad Junio Ramandre mengatakan bahwa pemusnahan barang bukti tersebut untuk mengantisipasi adanya penyimpangan serta penyalahgunaan barang bukti yang dilakukan oleh oknum aparat dari Kejaksaan. 

Hal tersebut juga wujud komitmen Kejari Sibolga kepada masyarakat dalam penegakan supremasi hukum.

"Pemusnahan barang bukti ini akan memberi dampak positif terhadap penegakan hukum secara umum dan meminimalisir kemungkinan adanya penggelapan barang bukti," kata Syaifful Alam Yuliastana.

Lebih jauh dijelaskan bahwa selain barang bukti berupa lembaran uang palsu, dihari yang sama juga turut dimusnakah barang bukti untuk jenis perkara/ tindak pidana lainnya, yaitu; narkotika jenis shabu dan ganja.

Lebih rinci disebutkan bahwa sebanyak 307,1 gram ganja dimusnahkan dengan cara dibakar dan sebanyak 47,43 gram shabu dimusnahkan dengan cara diblender bersama cairan pemutih (bayclin) dan dibuang langsung kesaluran pembungan air.

Untuk barang bukti perkara OHARDA (orang dan harta benda) berupa handphone, senjata tajam, dimusnahkan dengan cara dihancurkan dan digerenda. Sedangkan untuk pakaian, kartu domino, nomor judi dimusnahkan dengan cara dibakar.

"Barang bukti yang dimusnahkan merupakan hasil pengumplan dari 68 perkara tindak pidana umum periode Juni hingga Agustus 2023," pungkas Kejari.

Selain dihadiri oleh Kejari Sibolga, Syaifful Alam Yuliastana, proses pemusnahan barang bukti tersebut juga diikuti dan dihadiri oleh Kepala BNN Kab. Tapanuli Selatan, Kompol Hendro Wibowo, Kasat Narkoba Polres Sibolga AKP Sugiono, dan perwakilan unsur Muspida dari Kota Sibolga dan Tapanuli Tengah. (SW25)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)