SMPN 1 Sibolga Lepas 256 Siswa Kelas IX TA.2022/2023, Ada yang Diterima di SMA Unggul dan Ternama di Sumut

SW25
0
Kepala SMPN 1 Sibolga  Siti Zubaidah Siregar (baju kuning) didampingi Ketua Komiti Kastamansyah Hutabarat bersama tenaga pendidik saat bersalam-salaman dengan siswa kelas IX yang dilepas hari itu

Kota Sibolga - Pelepasan siswa kelas IX SMP Negeri 1 Kota Sibolga tahun ajaran 2022-2023 di komplek SMPN 1 Sibolga, Jalan Alu-Alu, Kelurahan Pancuran Gerobak, Kecamatan Sibolga Kota, Kota Sibolga, pada Sabtu (27/5/2023), berlangsung meriah dan semarak.

Belasan lagu dan tari daerah menjadi atraksi yang paling mencuri perhatian seribuan tamu dan undangan yang terdiri dari siswa dan siswi SMPN 1 kelas 7,8 dan 9 serta orangtua dan wali siswa.

Tidak hanya tari daerah, siswa dan siswi juga menampilkan lagu dan tari kekinian yang sangat digandrungi oleh anak-anak seusianya.

Kepala SMP Negeri 1 Sibolga, Siti Zubaidah Siregar kepada limakabar.com mengatakan pelepasan siswa kelas IX TA 2022/2023 tersebut dirangkai dengan proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5). Proyek tersebut merupakan bagian dari penerapan Kurikulum Merdeka dimana SMPN 1 Sibolga ditetapkan sebagai sekolah penggerak.

Salah satu atraksi seni tari tor-tor yang dibawakan oleh siswi kelas IX-1 SMPN 1 Sibolga

Aneka penampilan tari kreasi daerah yang dibawakan oleh siswa dan siswi SMPN 1 hari itu adalah salah satu bentuk implementasi profil pelajar Pancasila yang dijalankan di SMPN 1 Sibolga.

Siti Zubaidah merinci. Dalam implementasi program P5, pihaknya telah menetapkan tiga tema yaitu tema suara demokrasi, tema gaya hidup berkelanjutan dan tema kearifan lokal.

"Tema-tema ini telah kita terapkan dalam 1 tahun terakhir berupa mekanisme pemilihan ketua OSIS yang mengabdopsi sistim pemilihan umum di Indonesia dalam tema Suara Demokrasi, dilanjutkan dengan penanaman aneka pohon dan tanaman obat dilingkungan sekolah untuk tema gaya hidup berkelanjutan dan puncaknya adalah performa seni dan budaya serta hasta karya siswa yang diimplementasikan dalam bentuk pentas seni dan pameran kuliner dan keterampilan siswa, seperti hari ini," jelas Siti.

Siti juga menambahkan, untuk tahun ajaran 2022/2023, SMPN 1 telah menamatkan 256 siswa kelas IX, dan sebahagian dari siswa tersebut telah diterima di SMA-SMA ternama dan unggul di Sumatera Utara diantaranya di SMA Unggul Chairul Tanjung (CT) Fondation Deliserdang, Sumut, SMA Unggul Del Laguboti Toba dan SMAN 1 Plus Matauli Pandan.

"Selain itu, sebagaian besar mereka telah diterima di SMA-SMA favorit di Sibolga melalui jalur prestasi," ungkapnya.

Siti berharap, lulusan SMP Negeri 1 Sibolga tetap dapat membangun eksistensi diri dan prestasinya di sekolah-sekolah pilihan mereka. 

Walikota Sibolga diwakili Staf ahli Bidkesma dan SDM Pemko Sibolga meninjau stand keterampilan dan kuliner siswa SMPN 1 Sibolga

"Mudah-mudahan mereka tetap dapat eksis berprestasi di sekolah pilihan mereka dan tetap bisa menjaga nama baik keluarga dan almamaternya," harapnya.

Pada momentum pelepasan siswa kelas IX hari itu juga ditandatangani fakta integritas dan komitmen bersama bahwa lulusan SMPN 1 Sibolga tidak akan melakukan aksi coret-coret seragam sekolah pasca pengumuman kelulusan yang akan disampaikan dalam waktu dekat ini.
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)