PTAR Gelar Program Dokter Spesialis Masuk Desa, 143 Warga Antusias Ikuti Pengobatan Gratis

SW25
0
Manager Community Development PT Agincourt Resources, Rohani Simbolon, (ketiga dari kiri) berfoto bersama tim Puskesmas Simarpinggan, dan Plt. Kepala Dinkes Tapanuli Selatan Rudi Iskandar Harahap (keempat dari kiri) di sela-sela Pengobatan Gratis Dokter Spesialis di Puskesmas Simarpinggan, Angkola Selatan, Tapanuli Selatan

Angkola Selatan, Tapsel - Lagi, PT Agincourt Resources (PTAR), Pengelola Tambang Emas Martabe, menunjukkan komitmennya dibidang kesehatan. Melalui Program Dokter Sepesialis Masuk Desa, PTAR menyasar desa/  kelurahan di pedalaman, jauh dari wilayah tambang.

Salah satu desa/kelurahan yang menjadi sasaran bakti sosial layanan dokter spesialis tersebut adalah masyarakat Kelurahan Simarpinggan, Kecamatan Angkola Selatan, Kabupaten Tapanuli Selatan.

Puskesmas Simarpinggan yang terpaut jarak 50 Km dari RSUD Tapanuli Selatan, Sipirok tersebut, kedatangan tiga dokter spesialis yang difasilitasi oleh PTAR serta bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan RSUD Tapsel, pada Sabtu (27/5/2023) lalu.

Manager Community Development PTAR, Rohani Simbolon mengatakan bakti sosial layanan dokter spesialis tersebut merupakan bentuk komitmen PTAR dibidang kesehatan dan menjangkau desa-desa yang rentan dengan akses pelayanan kesehatan.

Program tersebut berhasil melayani 143 warga mencakup ibu hamil, bayi, balita,lansia dan warga usia produktif secara gratis. Dari pemeriksaan tersebut ditemukan hasil diagnosa yang beragam antara lain; cerebral palsy pada 2 balita, tubercolosis kelenjar, infeksi saluran pernahapan akut (ISPA), scabies, batu empedu, batu ginjal dan infertilitas.

"Kami berharap hasil pemeriksaan yang dilakukan pada pelayanan ini dapat ditindaklanjuti oleh Puskesmas setempat hingga tahap pemulihan dan pemantauan pengobatan khususnya pasien-pasien yang membutuhkan pengobatan tingkat lanjut atau rujukan," kata Rohani.

Rohani menambahkan. Dibidang kesehatan, pelayanan 3 dokter spesialis ini dilaksanakan rutin di Puskesmas Batangtoru dan Muara Batangtoru. Dan sejak Februari 2023, jangkauan layanan kesehatan tersebut diperluas dengan merambah desa dan kelurahan lainnya di kecamatan yang berbeda.

Beberapa desa dan kelurahan yang saat ini telah menerima layanan kesehatan PTAR ini diantaranya Desa Bandar Tarutung, Kecamatan Angkola Sangkunur, Desan  Biru, Kecamatan Aek Bilah dan berlanjut ke Desa Simarpinggan, Kecamatan Angkola Selatan.

"Dan tidak berhenti sampai di Simarpinggan saja. Sesuai dengan apa yang kita rencanakan, akan ada beberapa desa lagi di tiga kecamatan yang berbeda, yang akan mendapatkan layanan dokter spesialis ini secara gratis," papar Rohani seraya merinci 3 dokter spesialis yang turut dalam program tersebut yaitu dokter spesialis anak, dokter spesialis kandungan dan dokter spesialis penyakit dalam.

Masih kata Rohani Simbolon. Untuk mengoptimalkan layanan kesehatan bagi masyarakat sekitar tambang khususnya di Kecamatan Batangtoru dan Muara Batangtoru, pihaknya juga melaksanakan Seminar Kesehatan pada Minggu (28/5) lalu.

Seminar tersebut diikuti puluhan petugas kesehatan dan kader posyandu se-Batangtoru dan Muara Batangtoru. 

Sejumlah isu kesehatan yang menjadi topik pembahasan pada seminar ini diantaranya soal deteksi dini dan penatalaksanaan scabies pada anak, deteksi dini gangguan kesehatan akibat batu kandung kemih dan penanganan awal hipertensi dalam kehamilan.

Sementara itu, Plt.Kadis Kesehatan Tapsel, dr. Rudi Iskandar Harahap, M.Kes, yang hadir langsung pada program layanan kesehatan gratis ini di Simarpinggan mengatakan dipilihnya Desa Simarpinggan sebagai lokasi pengobatan gratis adalah suatu yang tepat. Pasalnya selain lokasinya yang jauh dari ibukota kabupaten, desa tersebut juga minim fasilitas dan akses kesehatan.

"Saya percaya, ini adalah kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Semoga pelayanan ini bida dimanfaatkan masyarakat sebaik-baiknya," ujar Rudi.

Sebagaimana harapan PTAR, Rudi juga berharap masyarakat yang sudah mendapatkan layanan kesehatan dan sudah mengetahui penyakit yang diderita bisa melanjutkan pengobatannya hingga kondisi fisiknya pulih dan sehat.-SW25-

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)