Darur Rachmad Sibolga Lepas 97 Siswanya dengan Khatam Al-Qur'an, 9 Siswa Lulus SNMPTN dan SPAN PTKIN

SW25
0
Kepala MA PTh Darur Rachmad M. Sandi Irawan bersama Kepala MTs Amir Mahmud Hasibuan, Pembina Yayasan Hj.Darmaini Tanjung saat memimpin Khatam Qur'an pada pelepasan siswa kelas 9 dan XII MTs/MA tahun akademik 2022/2024

Kota Sibolga - Yayasan Perguruan Thawalib Darur Rachmad (PThDR) Sibolga, "mewisuda" 97 orang siswanya lulusan tahun akademik 2022-2023, di komplek madrasah tersebut, Jalan Aso-Aso, No.17, Kelurahan Pancuran Kerambil, Kecamatan Sibolga Sambas, Kota Sibolga, pada Rabu (24/5/2023).
Acara pelepasan siswa yang lazim disebut perpisahan sekolah tersebut dirangkai pula dengan kegiatan Khatam Al-Qur'an.

Kepala MTs Amir Mahmud Hasibuan didampingi Kepala MA Sandi Irawan kepada limakabar.com mengatakan, untuk tahun akademik 2022-2023, Yayasan yang didirikan oleh Almarhum H. Dasuki Rachmad Tanjung pada tahun 1993 tersebut berhasil menamatkan 100 persen siswanya dengan rincian 60 siswa untuk tingkat Tsanawiyah dan 37 orang untuk tingkat Aliyah.

Khusus untuk lulusan MA, tahun ini 9 orang siswanya diterima disejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) di Pulau Sumatera diantaranya di Universitas Maritim Raja Ali Haji Kepulauan Riau, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Sumatera Barat dan Universitas Islam Negeri (UIN) Syahada Padang Sidempuan, Sumatera Utara.

"Alhamdulillah 25 persen dari siswa yang kami luluskan tahun ini telah diterima di sejumlah perguruan tinggi  negeri melalui berbagai jalur penerimaan diantaranya jalur SPAN PTKIN dan SNMPTN tahun 2022/2023," kata Amir Mahmud.

Capaian ini, lanjut Amir Mahmud, merupakan sebuah trend positif yang setiap tahun berhasil ditorehkan oleh madrasah. 

"Dan ini merupakan prestasi bersama, baik guru, staf pegawai maupun yayasan," ungkanya.

Jauh lebih penting lagi. Kata Amir Mahmud. Sesuai dengan program yang sudah dicanangkan oleh yayasan beberapa tahun terakhir terkait kewajiban setiap siswa hapal Al-Qur'an khususnya juz 30, program tersebut pun telah terlaksana dengan baik.

"Dan atas capaian itu, hari ini kita lakukan peng-khataman Al Qur'an. Kita berharap, siswa dan siswi yang lulus tahun ini senantiasa menjadikan Al Qur'an sebagai landasan berpikir dan berbuat mereka dimana pun berkiprah nantinya," harap Amir Mahmud.

Sebagai siswa yang menimba ilmu selama 3 tahun di Perguruan Thawalib Darur Rachmad, para guru berharap segala pengetahuan dan keterampilan yang sudah diperoleh khususnya berkaitan dengan keilmuan keummatan baik dibidang dakwah, seni dan lain sebagainya dapat diterapkan ditengah-tengah kehidupan bermasyarakat.


"Sejak awal memang perguruan ini didirikan oleh yayasan tujuannya adalah untuk melahirkan kader-kader muda Islam yang bisa memberi warna keislaman yang benar di Kota Sibolga dan Tapanuli Tengah. Alhamdulillah, sedikit demi sedikit tujuan itu sudah mulai terlihat hasilnya," ujarnya.

Mahmud pun menambahkan bahwa untuk tahun ajaran 2023/2024, Perguruan Thawalib Darur Rachmad Sibolga telah membuka penerimaan siswa baru  baik untuk tingkat MTs maupun MA. Pendaftaran tersebut tidak dipungut biaya alias gratis. 

Bagi orangtua siswa maupun calon siswa sendiri yang berkeinginan melanjutkan studinya di madrasah tersebut dapat mendaftarkan diri langsung ke madrasah di Jalan Aso-aso No 17 A, Kelurahan Pancuran Kerambil, Kecamatan Sibolga Sambas, Kota Sibolga.

Pendaftaran dibuka setiap hari Senin-Jum'at mulai pukul 08.00 - 16.00 WIB.

Menariknya, calon siswa dengan latar belakang hifdzil Qur'an 1 Juz untuk MA dan Juz 30 untuk MTs diberikan beasiswa gratis uang SPP selama 1 tahun.

Berikut 9 nama siswa/siswi PTh Darur Rachmad yang lulus SNMPTN dan SPAN PTKIN tahun 2023/2024:
  1. Aulia Sri Rezeky Hutagalung, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Kepri, lulus SNMPTN
  2. Rahmi Simanjuntak, UIN Syahada Padangsidempuan, SPAN PTKIN
  3. Salsa Ravina Ardhana Tanjung, UIN Syahada Padangsidempuan, SPAN PTKIN
  4. Putri Sari Harefa, UIN Syahada Padangsidempuan, SPAN PTKIN
  5. Hadit Fahmi, UIN Syahada Padangsidempuan, SPAN PTKIN
  6. Rahma Awlia Hasibuan, UIN Syahada Padangsidempuan, SPAN PTKIN
  7. Nur Alsyah Pasaribu, UIN Imam Bonjol, Padang, SPAN PTKIN
  8. Rizki Aulia Panggabean, UIN Imam Bonjol, Padang, SPAN PTKIN
  9. Taufiqur Rahman Panggabean, UIN Imam Bonjol, Padang, SPAN PTKIN
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)