Pertama di Sibolga, MTs/MA Darur Rachmad Miliki Amil Zakat Sendiri Himpun Infaq dan Zakat Fitrah untuk Yatim dan Mustahaq

SW25
0
Pembina Yayasan Hj. Darmaini Tanjung menyerahkan zakat fitrah kepada mustahiq di lingkungan Perguruan Thawalib Darur Rachmad Sibolga

Kota Sibolga - Menutup rangkaian kegiatan semarak Ramadhan 1444 H, Perguruan Thawalib Darur Rachmad Kota Sibolga menyantuni belasan anak yatim dan penyaluran zakat fitrah kepada para mustahaq, pada Rabu (18/4/2023), di komplek madrasah MTs/MA Perguruan Thawalib Darur Rachmad, Jalan Aso-Aso, Kota Sibolga.

Ketua panitia semarak Ramadhan 1444 H Darur Rachmad, Firman Manurung mengatakan, jumlah anak yatim yang menerima santunan hari itu sebanyak 18 orang dan untuk penerima zakat berjumlah 23 orang. Santunan dan zakat fitrah yang disalurkan hari itu dihimpun dari infaq siswa, yayasan, staf pegawai dan guru.

"Penghimpunan infaq, shadaqah serta zakat itu telah kita lakukan sepanjang Ramadhan, dan alhamdulillah hari ini bisa kita salurkan. Insya Allah berkah  bagi para muzakki dan mustahiq," ujarnya.

Sementara itu, kepala MTs, Amir Mahmud Hasibuan, SP dalam sambutannya mengatakan penyaluran infaq dan zakat kepada yang berhak menerimanya di lingkungan madrasah adalah salah satu bentuk kongkrit pengimplementasian nilai-nilai agama yang ditanamkan kepada siswa melalui program madrasah dan yayasan yang diterapkan selama ini.

Baik mandrasah maupun yayasan memiliki pandangan yang sama dalam hal mengaktualisasikan pengetahuan yang siswa dapatkan di bangku sekolah untuk dipraktekkan secara nyata dilingkungan madrasah dan masyarakat.

"Jika kepada siswa selama ini diajarkan ilmu tentang zakat, amil, mustahaq dan lain sebagainya. Di Ramadhan ini mereka ikut langsung terlibat untuk menghimpun dan menyalurkannya. Sehingga apa yang secara teori mereka ketahui dapat mereka praktekkan secara nyata dan benar," jelas Mahmud.

Masih kata Mahmud. Siswa Darur Rachmad selalu dimotivasi untuk tidak menunda mempraktikkan semua pengetahuannya di tengah-tengah masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan praktik-praktik ibadah seperti fardhu kifayah, menjadi muadzin, petugas amil zakat dan lain sebagainya. 

Bahkan, sepanjang bulan suci Ramadhan 1444 H, siswa dan siswi Perguruan yang didirikan oleh alm.H.Dasuki Rachmad Tanjung tersebut aktif memberikan tausyiah agama di 33 masjid di Sibolga dan Tapteng melalui program safari Ramadhan yang rutin dilaksanakan setiap tahun.

"Kita ingin, siswa dan siswi lulusan perguruan ini bisa memberi warna positif ditengah-tengah masyarakat khususnya menyangkut aktivitas-aktivitas ubudiyah dan keumatan," ujar Mahmud.

Sementara itu, pembina yayasan, Hj.Darmaini Tanjung menyampaikan apresiasi atas terobosan pengelola madrasah dengan membentuk panitia amil zakat di lingkungan Perguruan Thawalib Darur Rachmad Sibolga. Terobosan tersebut sebagai wujud madrasah peduli terhadap masyarakat dan menjadi satu-satunya madrasah yang melakukannya di Sibolga.

"Kita berharap langkah ini terus dilakukan secara berkelanjutan, tentunya disesuaikan dengan kemampuan kita," katanya.

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)