Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Ad Code

 border=

Delmeria dan BNPB Serahkan Bantuan Rp350 Juta Untuk Penanganan Korban Gempa di Taput

Hj Delmeria Sikumbang menyerahkan bantuan logistik tanggap darurat bencana BNPB pada kunjungan kerja ke Tapanuli Utara untuk melihat kondisi masyarakat pasca gempa pada Sabtu (1/10) lalu

Tarutung - Anggota KomisiVIII DPR RI Hj Delmeria Sikumbang dan Deputi Bidang Penanganan Tanggap Darurat Bencana BNPB Pusat, Mayjen Fajar Setyawan berkunjung ke Kabupaten Tapanuli Utara untuk  melihat langsung kondisi warga pasca gempa dengan kekuatan magnitudo 6,0 mengguncang Taput pada Sabtu dini hari (1/10) kemarin.

Delmeria dan Fajar bersama-sama dengan Kapoldasu Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, Danrem 023/KS Kol Inf Dodi Triwinarto dan Bupati Taput Nikson Nababan meninjau posko Bencana Alam Taput yang berlokasi di Kantor Bupati Taput pada Minggu (2/10/2022)

Ditempat ini, Baik Delmeria maupun Fajar Setyawan menyerahkan bantuan tanggap darurat sebesar Rp350 juta masing-masing Rp100 juta bantuan logistik diserahkan oleh Hj Delmeria Sikumbang dan Rp250 juta untuk Dana Siap Pakai diserahkan oleh Deputi BNPB Mayjen Fajar Setyawan. Pada kesempatan ini, juga dilepas kendaraan yang membawa bantuan sosial tanggap darurat gempa Taput yang selanjutnya akan didistribusikan ke warga terdampak gempa disejumlah lokasi.

Rombongan juga bertemu dan berdialog dengan warga desa Huta Tinggi, Kecamatan Parmonangan, Kabupaten Tapanuli Utara. Daerah ini merupakan lokasi terparah terdampak gempa. 

Delmeria Sikumbang sesaat setelah melakukan peninjauan di Tapanuli Utara kepada awak media menjelaskan bahwa kehadirannya dan BNPB di Taput merupakan dorongan kemanusiaan. Datang dengan membawa bantuan adalah bentuk empaty dan simpati dirinya terhadap apa yang dirasakan oleh warga Taput. Delmeria pun bersyukur, gempa bumi yang terjadi pada Sabtu pukul 02.28 WIB tersebut tidak parah. Meskipun demikian, perhatian terhadap warga yang terdampak gempa tersebut tetap harus diberikan secara maksimal.

Deputi bidang penanganan tanggap darurat bencana BNPB Pusat Mayjen TNI Fajar Setyawan menyerahkan dana siap pakai tanggap darurat bencana di Tapanuli Utara

"Kita tidak pernah tahu, kapan bencana itu datang. Seluruhnya tentu terserah kepada Tuhan. Namun, yang terpenting dari itu semua adalah sikap kita atas musibah tersebut. Dan hari ini, sebagai bentuk simpati dan empati kami atas musibah ini, saya dan rombongan hadir di Taput ini untuk sedikit meringankan rasa duka yang mereka alami. Syukur-syukur, kehadiran kami ini bisa menjadi semangat dan motivasi bagi mereka hingga muncul kekuatan untuk menjalani hari esok semakin lebih baik lagi," ungkap Delmeria.

Masih kata Delmeria. Pasca melihat kondisi di lapangan, penanganan warga terdampak gempa tersebut berlangsung dengan cepat dan tepat sasaran. Sejauh ini, langkah-langkah yang diambil oleh pemerintah daerah sudah on the track. Dan sebagai wakil rakyat yang terpilih dari dapil Sumut 2 pada pileg 2019 lalu, Delmeria mengapresiasi gerak cepat Bupati Taput, Nikson Nababan sehingga tidak terjadi miskomunikasi lintas lembaga dan sektor sejak gempa terjadi hingga hari ini.

"Sudah on the track ya. Pak Bupati pun sudah menjelaskan tadi secara rinci langkah-langkah yang sudah diambil termasuk pendataan korban dan jumlah bangunan yang rusak. Ini tentu harus saya apresiasi dan ini menjadi bukti bahwa pemimpin mereka ada pada saat warganya berduka," kata Delmeria

Istri walikota Sibolga periode 2016-2021 ini pun menjelaskan bahwa bantuan yang diserahkan hari ini adalah bantuan tanggap darurat sebagai respon cepat atas kedaruratan yang terjadi. Dan bantuan tersebut bukanlah satu-satunya bantuan yang akan digelontorkan ke Tapanuli Utara. Sebagai anggota DPR RI dari dapil Sumut 2, dirinya menyatakan siap membantu dan memperjuangkan setiap kebutuhan pemkab Taput ke pemerintah pusat untuk meringankan beban warga yang menjadi korban gempa tersebut

"Tentu, pemkab Taput akan melakukan pendataan dan penghitungan berapa kebutuhan anggaran yang diperlukan untuk merekontruksi Tapanuli Utara pasca gempa ini. Nanti akan kita lihat, apakah kebutuhan anggaran itu bisa diselesaikan dengan mencukupkan APBD saja atau perlu sumber-sumber lain. Dan kami (dari komisi VIII DPR RI) pasti akan membantu dan ikut memperjuangkan bila untuk rekontruksi Taput pasca gempa ini membutuhkan bantuan dari pemerintah pusat," ungkap Delmeria.

Posting Komentar

0 Komentar