Selangkah Lagi OlympiAR 2024 akan Lahirkan Jawara Baru

SW25
0
Wakil Presiden Direktur PT Agincourt Resources, Ruli Tanio, yang menjadi salah satu juri menyampaikan ulasannya saat babak final OlympiAR 2022 pada 1 April 2023 di Yogyakarta. (Dok: PTAR)

BATANGTORU - Empat kampus ternama tanah air yaitu Universitas Jenderal Soedirman, Institut Teknologi Bandung (ITB), UPN Veteran Yogyakarta dan Institut Teknologi Nasional Yogyakarta, berhasil menjadi finalis Olympiade Agincourt Resources (OlympiAR) Tahun 2024, yang digelar oleh PT Agincourt Resources, Pengelola Tambang Emas Martabe, Batangtoru.

Demikian siaran pers yang diterima redaksi limakabar.com dari management PTAR, pada Jumat (5/4/2024).

Dijelaskan pula, Empat kampus ternama tersebut berhasil menelurkan  5 tim finalis yang ditetapkan melalui proses penjurian yang super ketat, dimana dua diantaranya berasal dari ITB Bandung.

Wakil Presiden Direktur PTAR, Ruli Tanio menjelaskan dari ratusan kampus yang menjadi peserta OlympiAR 2024, sekitar 25 persen diantaranya  berasal dari Yogyakarta dan sekitarnya.

"Atas tingginya animo kampus di Yogyakarta inilah, kita memutuskan Yogyakarta menjadi tuan rumah gelaran OlympiAR 2024," kata Ruli.

Masih kata Ruli. Lima tim finalis selanjutnya akan mengikuti penjurian babak final yang melibatkan praktisi pertambangan dan akademisi dari berbagai wilayah termasuk dari Universitas Sumatera Utara, pada tanggal 4 Mei 2024 yang akan datang.

"Dan pada hari itu nantinya juga akan diumumkan langsung para pemenang OlympiAR 2024," ungkapnya.

OlympiAR lanjut Ruli, merupakan wadah yang disediakan PTAR untuk membantu mahasiswa se-Indonesia mengejar kedalaman pengetahuan pertambangan berkelanjutan serta mengembangkan kemampuan, ketermapilan dan potensi diri.

Hal tersebut menjadi bukti dan bentuk komitmen PTAR dalam mengambil peran untuk meningkatkan SDM Indonesia.

"Selamat kepada lima tim terbaik. Dan terimakasih kepada 200 tim dari seluruh Universitas di Indonesia yang telah berani mendaftarkan diri ke OlympiAR di akhir tahun lalu," pungkasnya.


Sementara itu, Senior Manager Corporate Communications PTAR, Katarina Suburian Hardono dalam keterangannya menjelaskan, animo perguruan tinggi untuk ikut menjadi peserta pada OlympiAR 2024 meningkat hingga 150 persen.

OlympiAR yang sebelumnya lebih didominasi oleh Perguruan Tinggi di pulau Jawa kini banyak diminati oleh kampus dari pulau Sumatera, diantaranya; Universitas Syiah Kuala, USU, Universitas Bangka Belitung, Universitas Jambi, Insititut Teknologi Sumatera dan Universitas Lampung.

"OlympiAR 2022 terakhir diikuti 72 tim, dan untuk OlympiAR 2024 ini ada peningkatan 150 persen menjadi 161 tim yang ikut dari 28 universitas. Ini tentu capaian yang luar biasa," kata Katarina.

Memasuki babak final, lima tim terbaik diberikan waktu 20 hari untuk mempersiapkan materi presentasinya mengenai Further Exploration Design Metalurgical & Processing Conceptual and Enviromental Conceptual & Impact dari data Geokimia di prospek Barani.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)