Siswa Darur Rachmad Sibolga Galang Dana untuk Palestina

SW25
0
Sebuah mobil sedan terekam sedang memberikan donasinya untuk Palestina. Donasi tersebut diserahkan kepada siswa Darur Rachmad Sibolga yang melakukan penggalangan di sepanjang jalan Sisingamangaraja Sibolga

Kota Sibolga -  Simpatik atas perjuangan rakyat Palestina tidak hanya terjadi di kota-kota besar dunia, khususnya Indonesia. 


Sibolga, kota terkecil di pantai barat Sumatera Utara juga turut mengirimkan pesan kedamaian itu melalui aksi peduli Palestina, pada Jum'at (20/10/2023).


Aksi peduli Palestina itu sendiri dipelopori oleh siswa dan siswi Perguruan Thawalib Darur Rachmad, yang berdomisili di Jalan Aso-Aso, Kelurahan Pancuran Kerambil, Kecamatan Sibolga Sambas, Kota Sibolga.


Dengan menggunakan dus bekas bertuliskan Aksi Solidaritas untuk Palestina, Save Palestina dan sebuah spanduk kecil dengan tulisan yang sama, madrasah yang didirikan pada tahun 1993 oleh H. Dasuki Rachmad Tanjung tersebut melakukan penggalangan dana dari pintu ke pintu rumah dan toko, juga pengguna jalan yang melintas di sepanjang jalan Sisingamangaraja Sibolga.


Tim yang terbagi dalam dua kelompok besar ini sebagian memilih menyusuri ruas jalan Sisingamangaraja hingga pertigaan bukit Pancuran Gerobak, lalu berbelok ke perempatan traficlight Tagor dan berakhir di Jalan Aso-Aso Sibolga.


Sedangkan kelompok lainnya memilih stay di pertigaan jalan Sisingamangaraja dengan Jalan Horas, Kelurahan Pancuran Dewa.


Diarahkan oleh kepala MTs dan MA perguruan tersebut, para siswa terlihat tanpa pamrih menyapa dan "membujuk" para pengguna jalan untuk rela menyisihkan sedikit rezekinya untuk korban keganaan zionis Israel di Gaza.


Kehadiran pelajar Darur Rachmad ini mendapat sambutan positif dari pengguna jalan. Secara spontan mereka memberikan donasinya dengan nilai pecahan rupiah yang berbeda-beda.


Ibu Rizki (31) tahun bersyukur ada penggalangan bantuan untuk Palestina. Ia mengaku selama ini kebingungan untuk menyalurkan donasinya sebagai wujud empaty atas perjuangan rakyat Palestina.


"Terharu juga anak-anak Thawalib berinisiatif menggalang dana untuk Palestina. Soalnya sedih juga melihat keadaan disana. Bingung juga mau menyalurkan bantuan kemana, tapi alhamdulillah sudah ada yang menghimpun. Mudah-mudahan bantuan awak yang tidak seberapa ini bisa sampai kesana," kata Rizki warga Sibolga Julu.


Hal yang sama juga dikemukakan oleh pria yang mengaku bernama Vijay. Warga Sambas tersebut berharap invasi Israel ke Palestina harus segera diakhiri.


"Gak banyak memang yang saya kasi bang, tapi kalau semua membantukan terasa juga manfaatnya untuk warga Palestina. Mudah-mudahan cepat berakhir perang disana," harap Vijay.

Aksi solidaritas siswa Perguruan Thawalib Darur Rachmad Sibolga untuk Palestina

Sementara itu Kepala Madrasah Aliyah (MA) Darur Rachmad, Ustadz M. Sandi Irawan didampingi Kepala MTs, Ustadz Amir Mahmud Hasibuan, kepada awak media baik online maupun televisi mengatakan, aksi solidaritas untuk Palestina tersebut bermula dari usulan siswa dan siswi yang ia pimpin.


Sandi mengaku, aksi tersebut muncul secara spontan dan langsung disetujui oleh madrasah. Hal itu didorong oleh kebiasaan madrasah tersebut yang gemar melakukan penggalangan dana untuk isu-isu kemanusiaan baik pada skala lokal, regional, nasional maupun internasional.


"Kami tentu bersyukur siswa kita punya empaty yang luar biasa terhadap saudara-saudara kita di Palestina. Semoga apa yang dihasilkan dari penggalangan ini secara materi bermanfaat untuk meringankan beban warga Palestina, namun secara moril bisa menumbuhkan rasa empaty dan solidaritas bagi siswa agar lebih peduli dengan penderitaan orang lain," kata Ustadz Sandi.


Pada kesempatan ini, Ustadz Sandi juga menyampaikan kutukannya atas serangan membabibuta zionis Israil ke Palestina. Apa yang dilakukan oleh Israel tidak dapat dikategorikan sebagai tindakan membela diri atas klaim serangan Hamas awal Oktober lalu, namun sudah menjadi reaksi yang berlebihan dan sistematis untuk pembersihan etnis atau genosida.


"Semoga saudara-saudara kami di Palestina bisa bertahan dan bersabar. Dan semoga ada tindakan kongkrit dari negara-negara Islam dan internasional untuk membela Palestina agar perang ini cepat berakhir dan Palestina hidup dengan kedamaian," harap ustadz Sandi.


Penggalangan dana untuk Solidaritas Palestina tersebut direncanakan akan dilaksanakan dalam beberapa hari kedepan. Sebagaimana direncanakan oleh OSIS MTs/MA Perguruan Thawalib Darur Rachmad, pihaknya akan berusaha maksimal untuk menghimpun dana sebanyak mungkin agar manfaat dari bantuan tersebut semakin besar dirasakan oleh warga Palestina.


"Jika ada warga Sibolga yang ingin berdonasi, kami siap untuk menyalurkannya. Silahkan datang ke madrasah kita, insya Allah ini amal mulia dan termasuk jihad di jalan Allah," pungkasnya. (SW25)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)