BI Sibolga Training Puluhan Guru SMA/SMK Terkait Gerakan CBP Rupiah

SW25
0

KPw BI Sibolga training puluhan guru SMA/SMK di Sibolga Tapteng Terkait program cinta, bangga dan paham rupiah

Kota Sibolga - Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Sibolga, sosialisasikan gerakan Cinta, Bangga dan Paham Rupiah (CBPR) bagi guru-guru SMA dan SMK se-Kota Sibolga dan Tapanuli Tengah, pada Selasa (28/2/2023) di Aula Graha Aulia Bank Indonesia Sibolga.

Sosialisasi berbentuk training of trainers (ToT) bertajuk Trainer CBP Rupiah untuk Masa Depan itu dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemko Sibolga, Josua Hutapea atas nama Walikota Sibolga.

Kepala KPw BI Sibolga, Yuliansah Andrias kepada media menjelaskan ToT CBP Rupiah tersebut dilakukukan untuk memberikan edukasi dan pemahaman bagi masyarakat akan pentingnya fungsi dan peranan uang didalam perekonomian. Melalui sosialisasi tersebut BI berharap masyarakat memahami ciri-ciri keaslian uang rupiah tersebut.

BI sendiri sengaja menyasar sekolah-sekolah sebagai peserta ToT karena di lingkungan sekolah banyak diisi oleh anak-anak remaja yang dalam kesehariannya banyak berinteraksi dengan uang rupiah.

"Kami mengharapkan peranan dari bapak dan ibu guru tadi untuk meneruskan informasi cinta, bangga dan paham rupiah tersebut kepada adik-adik kita di sekolah," katanya.

BI sendiri lanjut Yuliansah, menyadari bahwa akan selalu ada pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab untuk memalsukan uang rupiah. Oleh karena itu, BI selalu meng-upgrade fisik uang rupiah agar tidak mudah dipalsukan.

"Upaya yang dilakukan Bank Indonesia adalah terus menerus meningkatkan kualitas uang tadi. Jadi caranya itu dengan menambahkan unsur-unsur pengaman yang lebih canggih dan terkini, yang banyak dipakai oleh bank sentral negara lain," jelasnya.

"Jadi, teknologi terkini di industri percetakan uang itu, kita aplikasikan kedalam uang rupiah kita yang baru," tambahnya.

ToT CBP Rupiah oleh KPw BI Sibolga ini pun disambut baik oleh Cabang Dinas Pendidikan Sibolga. Kacabdis SIbolga Elvrida  Novianna Sinaga berharap sosialisasi tersebut dapat dilakukan di sekolah-sekolah se wilayah kerja Cabdis Sibolga. 

"Kita sangat memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bank Indonesia yang sudah melibatkan Dinas Pendidikan Cabdis Sibolga, pada sosialisasi ini. Kita ingin ada kolaborasi nyata kedepan, sehingga program cinta, bangga dan paham rupiah ini dapat tersosialisasikan dengan baik," pungkasnya.--SW25--

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)